Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Jaringan Indosat Aman di Jalur Surabaya – Malang

Telko.id – Uji coba jaringan menjelang Ramadhan dan musim mudik Lebaran telah menjadi hal lumrah bagi sebagian besar operator di tanah air, tak terkecuali Indosat. Kali ini, sebagai bagian dari kesiapan jaringan dalam menyambut dua momen tersebut, Indosat melakukan uji jaringan dari Surabaya ke Malang, yang merupakan salah satu jalur mudik utama di wilayah Jawa Timur.

Rute ini, jika berkaca dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil dari para pemudik yang ingin mengunjungi kedua kota tersebut. Alasannya dua, selain menjadi kota tujuan mudik, Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran.

“Kenaikan trafik biasanya akan terjadi di second city, seperti Malang, Bintan dan sebagainya,” kata Division Head RAN and Design Optimization Indosat, Joko Riswadi dalam perjalanan dari Suranaya ke Malang, Senin (23/5).

Berbagai aktifitas layanan data, mulai dari browsing, download dan upload file, menonton video HD serta live streaming pun dilakukan dalam drive test yang dilakukan dengan menggunakan moda transportasi bus ini.

Hasilnya, untuk kecepatan download dicapai kecepatan maksimal hingga 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps. Sementara kecepatan maximum upload mencapai 20,61 Mbps dengan rata-rata upload 6,59 Mbps.

Kecepatan maksimal download dan upload dicapai ketika bus memasuki tol Sidoardjo. Dari hasil pengujian, tampak bahwa sepanjang rute drive test aktitas internet berjalan dengan baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda buffering.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 89% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent.  Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik dibandingkan dengan yang lain.

“Layanan data dapat kami pastikan sebagai layanan yang akan mengalami peningkatan paling tinggi, mengingat semakin banyaknya pelanggan yang saat ini menggunakan layanan data untuk aplikasi-aplikasi di ponselnya,” terang Joko.

Jalur uji jaringan dari kota Surabaya ke Malang dimulai dari kantor Indosat Ooredoo Surabaya di Jl. Kayun, kemudian lanjut ke Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Wonokromo, Pintu Tol Waru, Tol WaruTol Sidoarjo, Arteri Porong, Pintu Tol Japanan, Tol Gempol, Exit Tol Pandaan, Sampoerna Pandaan, Pasar Sukorejo, Pasar Purwosari, Lawang, Singosari, Arjosari, Jl Letjen S Parman, Alun-Alun Kota Malang dan berakhir Malang Town Square. Ada setidaknya 1.233 BTS Indosat memenuhi jalur tempuh sepanjang 97KM ini.

Hasil pengujian menunjukan jalur mudik dan pariwisata ini siap melayani pelanggan Indosat selama mudik Lebaran.

Latest

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Yuk Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series

Telko.id - Di tengah gempuran konten menarik di media...

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini,...

Rekomendasi

Unparalleled Network Services Guaranteed, Cara Indosat Garansi Jaringannya!

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Komitmen ini...

Indosat Digital Ecosystem Gelar Startup Bootcamp 2024, Ini Targetnya!

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat Business berkolaborasi bersama Google Cloud Indonesia untuk mendukung pemberdayaan...

Indosat Hadirkan GenSi, Pelatihan Digital Bertaraf Internasional di Wilayah Terluar!

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), gelar program Generasi Terkoneksi (GenSi) yang merupakan pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat yang tinggal di daerah...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini