Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Indonesia LTE Conference 2016, Tempat Curhat Para Operator

Telko.id – Indonesia LTE Community menggelar event perdana mereka yang berfokus pada perkembangan ekosistem 4G di Indonesia. Mengangkat tema ‘4G LTE : Unfinished Business’ kegiatan ini sekaligus mencari solusi bagi setiap permasalahan yang kerap hadir meskipun layanan 4G telah digelar di Indonesia.

Membuka acara, hadir Menteri Kominfo Rudiantara yang mengungkapkan bahwa wadah seperti ini perlu didukung agar dapat mengawal perkembangan 4G di Indonesia.

“Berdasarkan data yang saya peroleh belum ada setengahnya ponsel 4G yang recognize dengan jaringan 4G, ini menjadi PR bagi para operator. Perkembangan kedepan, infrastruktur masih menjadi tema kita, tapi jangan lupa kedepannya juga akan tumbuh layar aplikasi, dan saya harapkan komunitas ini,”

Sementara itu Iman Aulia, Ketua Indonesia LTE Community mengatakan forum komunitas ini dibentuk sebagai pembelajaran dari “kegagalan” fase  3G  beberapa tahun lalu  tidak terulang lagi. Dimana teknologi yang  sudah  siap,  namun industri   terkait  lainnya dan  masyarakat sebagai penikmat dan  pengguna teknologi itu tidak  bisa memanfaatkan teknologi tersebut sesuai yang diharapkan.

“Dari tahun ke tahun, teknologi berkembang kian pesat. Kini masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati layanan internet cepat 4G LTE dari berbagai operator. Hadirnya internet broadband 4G LTE yang terjangkau oleh semua kalangan memicu lahirnya berbagai layanan baru. Terlebih dengan jumlah populasi Indonesia yang sangat besar menjadikan negara ini pasar yang sangat potensial,” kata Iman Aulia.

Seperti diketahui, meskipun telah menggelar layanan 4G, namun masih terdapat beberapa permasalahan yang belum terselesaikan. Seperti jumlah pengguna 4G yang tergolong belum banyak dan merata di seluruh wilayah Indonesia, hingga device yang tersedia harganya belum sesuai dengan target pemerintah.

Sementara itu, Dian Siswarini selaku CEO XL mengungkapkan harapannya kepada pemerintah agar perizinan mengenai network sharing lebih jelas.

“Harapan kami kepada pemerintah bahwa bagaimana infrastruktur telekomunikasi menjadi lebih efisien, karena kalau melalui layanan data itu marginnya cukup berbeda, dan kami minta dari regulator supaya ada regulasi lebih jelas mengenai network sharing ini, termasuk dengan modernisasinya, karena dengan network sharing, kita bisa menghasilkan efisiensi hingga 40-50% baik untuk capex ataupun opex,” ujarnya pada saat kegiatan ini berlangsung (18/5).

Hal senada juga diutarakan oleh Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachyz yang menyebutkan, “meledaknya tuntutan data itu adalah meningkatnya kapasitas jaringan, kunci utamanya adalah seberapa besar spektrum itu kita punya, kebutuhan ledakan data mendorong kita meningkatkan kapasitas jaringan, dan bukan dengan capex lagi dan salah satu nya dengan network sharing”, paparnya.

Berbeda dari kedua operator sebelumnya, Telkomsel merasa kurang setuju terhadap network sharing, namun jika memang diharuskan, setidaknya operator lainnya juga harus membangun BTS yang sepadan dengan milik Telkomsel, agar beban BTS tidak terlalu besar.

Sementara untuk Indosat, mereka merasa bahwa hadirnya jaringan 4G membantu pertumbuhan pengguna data mereka.

Sedangkan Hutchison Tri yang diwakili oleh Danny Buldansyah mengungkapkan agar industri telko di Indonesia menjadi sehat, seharusnya layanan 4G yang dijual oleh para operator tidak lebih murah ketimbang layanan 3G.

Rudiantara sendiri menyikapi semua keluhan tersebut, seperti sudah pasti akan melakukan frekuensi sharing. “Secara umum kebijakan frekuensi ini kita akan dorong kearah agregasi, biarkan operator berkreasi untuk mendapatkan benefit engine nya sendiri,” tukasnya.

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini