Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Bobol Gmail & Yahoo, Hacker Beberkan Jutaan Username dan Password

Telko.id – Layanan email termasuk Gmail, Yahoo Mail dan Hotmail telah menjadi korban peretasan, mengekspos jutaan username dan password pengguna.

Menurut Reuters, pembobolan data yang melibatkan sekitar 273.3 juta akun online ini telah dilaporkan oleh ahli keamanan Alex Holden dari Hold Security. Dalam laporannya, disebutkan bahwa ada 57 juta akun dari penyedia email Rusia Mail.ru, yang datanya dilanggar, bersama 40 juta akun Yahoo Mail, 33 juta akun Hotmail dan 24 juta akun Gmail.

Selain itu, pelanggaran ini juga dilaporkan berisi ratusan ribu alamat email Jerman dan Cina serta ribuan username/password combo yang merupakan milik karyawan dari perbanka, manufaktur dan perusahaan ritel AS.

Hold Security sepertinya menerima data ini secara langsung dari sang hacker, yang menjual kumpulan data tersebut dengan harga yang anehnya sangat murah, yakni kurang dari US$1. Namun Holden lebih memilih mengatakan pada sang hacker bahwa ia akan menulis “komentar baik” tentangnya di berbagai forum hacker, dan itu cukup untuk membuat si hacker menyerahkan data yang dicurinya.

Sekitar sepuluh hari yang lalu, Hold Security mulai menginformasikan perusahaan yang terkena dampak dari pelanggaran data; kebijakan perusahaan adalah mengembalikan data yang dicuri ke perusahaan yang terkena dampak. Demikian dilaporkan Engadget, Jumat (6/5).

Perlu dicatat bahwa sementara puluhan juta akun Gmail, Yahoo dan Hotmail terpengaruh, persentase total akun yang dikompromikan dibandingkan dengan total yang beredar relatif kecil. Google misalnya, baru-baru ini mengumumkan bahwa lebih dari satu miliar orang yang menggunakan Gmail. Namun, mengingat kecenderungan orang untuk menggunakan kembali password, pelanggaran ini bisa memiliki efek yang lebih luas jangkauannya.

Bagaimana pun, lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal kemudian, bukan?Seperti bunyi kampanye Kaspersky, your password is like your underwear. Jadi, sudah seharusnya jika Anda menggantinya berulang kali. Agar aman.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini