Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

XL Perbesar Alokasi Spektrum 4G LTE, dari 10MHz Jadi 15MHz

Telko.id – Terhitung sejak 1 April 2016, PT XL Axiata Tbk (XL) telah memperbesar alokasi penggunaan frekuensi 1800MHz dari semula 10MHz menjadi 15Mhz. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan pelanggan di jaringan 4G LTE.

Langkah ini, seperti diutarakan Direktur/Chief Services Management XL, Yessie D. Yosetya, merupakan kali pertama dilakukan oleh operator, dan XL adalah pelopornya.

“Ini merupakan bagian dari roadmaps evolusi 4G LTE XL untuk menyediakan layanan 4G LTE yang superior di kota-kota yang kami nilai membutuhkan peningkatan kualitas segera. Selain itu, tentu saja kami ingin memanfaatkan spektrum 1800 MHz secara lebih efektif dan efisien,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (29/4).

Yessie menambahkan, secara teknis apa yang dilakukan XL dalam proyek ini adalah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dari 2G ke LTE, di mana sebelumnya menggunakan lebar pita 10 MHz menjadi 15 MHz untuk 4G LTE di BTS 4G Makro.

Dengan tambahan lebar pita 4G LTE ini akan menambah kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pelanggan. Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps.

Saat ini, penggunaan pita 15Mhz untuk internet 4G LTE baru dilakukan di 4 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Pemilihan ini didasarkan pada kebutuhan di keempat kota tersebut terhadap layanan 4G LTE. Ke depannya, XL telah menyusun rencana pengembangan yang di dalamnya telah mempertimbangkan potensi dan kebutuhan pelanggan di kota-kota lainnya.

Langkah refarming ini juga memungkinkan untuk dilakukan karena antara lain kondisi di mana penetrasi penggunaan smartphone 4G yang tinggi, yang sekaligus mengurangi tingkat penggunaan spektrum 1800 MHz untuk GSM. Karena itu sangat memungkinkan jika kemudian dilakukan refarming 15 MHz untuk layanan LTE, tanpa mengurangi kualitas layanan untuk GSM.

Saat ini, layanan 4G LTE XL telah melayani pelanggan di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. XL menargetkan, hingga akhir tahun 2016, setidaknya 85 kota/area akan terlayani layanan 4G LTE.

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

XL Axiata Donasikan Router dan Kuota Data Pada Anak Disabilitas

Telko.id - Memanfaatkan momentum Ramadan, dalam upaya mendukung pendidikan berbasis digital di Indonesia, melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK), PT XL Axiata Tbk (XL...

XL Axiata Raih Tiga Penghargaan Bergengsi

Telko.id - Komitmen kuat PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam menyelenggara layanan terbaik bagi pelanggan dan berkontribusi pada masyarakat telah membuahkan apresiasi dari...

XL Axiata, Banjir Promo di Aplikasi MyXL dan AXISnet

Telko.id - XL Axiata kembali memberikan promo spesial khusus Ramadan dan Lebaran untuk pelanggan XL Prabayar, AXIS dan PRIORITAS melalui aplikasi myXL dan AXISNet. Promo...