Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Zeemi Akomodasi Komunitas untuk Publish Live Video Streaming

Telko.id – Live video streaming kini memang sedang digemari. Tak heran, banyak layanan yang bermunculan untuk mengakomodir fenomena ini. Zeemi adalah salah satunya. Sebagai pembeda, Zeemi meluncurkan layanan live video streaming berbasis komunitas. Zeemi mengklaim menjadi yang pertama di Indonesia untuk layanan ini.

Layanan ini hadir untuk merevitalisasi interaksi online komunitas, dengan menyediakan sarana live video streaming yang interaktif bagi komunitas, dan kesempatan untuk memperluas jaringan mereka, serta membawa percakapan offline ke online. Zeemi sudah tersedia untuk diakses secara gratis melalui aplikasi iOs, Android (Zeemi) dan situs resmi (www.zeemi.tv).

“Zeemi adalah sebuah platform sosial,” ujar Tom Damek, selaku Founder Zeemi. Tom juga menambahkan bahwa fokus dari Zeemi saat ini adalah memfasilitasi komunikasi yang interaktif bagi komunitas-komunitas di Indonesia. Alasannya adalah karena orang Indonesia masih banyak yang melakukan aktivitas komunikasi secara offline, namun hal yang menarik di sini adalah mereka memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi lebih lanjut. “Menyadari hal ini, kami ingin menyediakan suatu wadah interaksi yang interaktif dan dapat digunakan kapan saja, di mana saja, tanpa harus berada di tempat yang sama. Zeemi menjadi solusi yang tepat bagi komunitas untuk saling berinteraksi di tengah kepadatan kota Jakarta, maupun wilayah Indonesia yang tersebar secara luas,” ujar Tom menambahkan.

Ide pengembangan layanan ini tercetus dari kebutuhan seseorang untuk bisa menyiarkan sesuatu secara live dengan mudah, bahkan hanya membutuhkan smartphone, dari manapun mereka berada. Berdasarkan data Zeemi, salah satu hal yang menarik yang baru saja terjadi adalah banyak masyarakat menonton aksi demonstrasi taksi yang terjadi beberapa waktu lalu secara live dengan Zeemi.

Selain menghadirkan layanan yang interaktif, Zeemi juga menawarkan berbagai fitur lainnya yang khusus dikembangkan untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah kemampuan Zeemi dalam menyesuaikan resolusi video yang ditampilkan dengan kecepatan jaringan serta perangkat yang digunakan oleh pengguna, guna memastikan kelancaran akses bagi para penggunanya. Zeemi juga memberikan pulsa sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia Zeemi. Caranya adalah dengan menukarkan poin melalui virtual gifts atau hadiah virtual yang diperoleh selama menggunakan platfrom ini.

Saat ini, Zeemi telah memiliki ribuan pengguna yang aktif streaming setiap hari dan bergabung dalam interaksi secara live dengan berbagai macam komunitas. Beberapa komunitas yang aktif menggunakan Zeemi antara lain komunitas hijab, musik indie, dan Je-jepang-an. Selain itu, beberapa nama terkenal juga telah memanfaatkan layanan kami untuk berinteraksi dengan penggemar nya secara real time, lebih dekat, seru, dan juga menyenangkan. Bahkan sebuah acara yang menampilkan artis-artis besar seperti Judika, Merry Riana, Rico Ceper, menggunakan Zeemi sebagai live social media untuk mewadahi interaktifitas diantara membernya.

Tom mengaku bahwa sudah cukup lama menekuni industri ini dan terlihat bahwa pertumbuhan live streaming di Indonesia tumbuh positif. Pembenahan dan pembaruan yang kami lakukan pada Zeemi merupakan hasil pembelajaran dari apa yang diinginkan oleh komunitas dan bagaimana perilaku mereka dalam menggunakan layanan video social media. Kami ingin agar setiap orang bisa menjadi bagian dari komunitas tersebut melalui interaksi online secara langsung. “Sebelumnya, hal ini sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk saling berinteraksi antar sesama komunitas,” kata Tom.

Keseruan dalam berinteraksi secara live dan berbagai kesempatan yang ditawarkan kepada pengguna untuk memonetasi talenta dan hobi mereka menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas yang sudah tergabung dalam Zeemi.

Dian Ayu Ningtyas, Founder Zaura model dan make-up artists yang mewakili Komunitas Hijabers di Zeemi, membagikan pengalamannya dalam menggunakan Zeemi, “Dengan berkomunikasi secara online, kami mampu menciptakan dampak yang lebih besar bagi anggota dan komunitas kami, dan tentunya memungkinkan kami untuk bisa berkumpul dengan lebih cepat. Saya tidak lagi harus menunggu waktu persiapan yang lama dan cenderung mahal untuk bisa berkumpul dengan sesama komunitas. Hanya melalui smartphone, saya dapat mengumpulkan mereka, membagi dan melihat kegiatan teman-teman secara live, dan tentunya berinteraksi secara langsung. Zeemi mendapatkan tanggapan yang baik di kalangan anggota kami, dan ke depannya kami akan memanfaatkan Zeemi untuk mendukung aktifitas kami.”

Ryan Maulana Rizky, Music Director at OZ radio Jakarta, “Senang banget OZ Radio punya channel di Zeemi karena pada dasarnya kita ini hanya sebuah media yang jualan hanya melalui audio. Nah, pas menggunakan Zeemi, pendengar kita jadi punya pilihan untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh OZ Jakarta. Tidak lagi hanya audio pendengar atau dalam hal ini penonton dapat melihat langsung dan berinteraksi dengan announcer atau bintang tamu atau artist yang datang. Kita juga bisa seseruan bareng, games giveaway, atau penonton bisa memberi challenge yang jauh lebih menarik dari sebelum, disaat yang sama feedback dari viewers bisa kita terima langsung dan dapat kita jadikan acuan untuk menjadi lebih baik. Terlebih lagi kemudahan yang ditawarkan, kita dapat menggunakansmartphone untuk live di manapun saya berada dan mendapatkan fans atau pendengar baru sepanjang prosesnya”.

Tom menutup, “Fokus kami saat ini adalah mengajak para komunitas besar di Indonesia untuk live. Kami tidak mendikte apa yang harus mereka lakukan pada saat live, namun kami telah melihat banyak komunitas kreatif -yang kami dukung- telah berkembang bersama kami.” (Icha)

 

Latest

Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H, Smartfren Perkuat Jaringan

Telko.id - Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1445...

Telkomsel Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 15,22% Saat RAFI 2024

Telko.id - Telkomsel juga berupaya memastikan kenyamanan komunikasi dan...

Telkomsel Gelar Program ‘Telkomsel Sambungkan Senyuman’ Selama RAFI 2024

Telko.id – Sebagai upaya menciptakan dan menggerakkan dampak sosial...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini