Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ini Dia Beberapa Tantangan Dalam 5G

Tantangan adalah bagian yang melekat dari perkembangan baru; jadi, seperti semua teknologi, 5G juga tak luput dari tantangan-tantangan yang dihadapinya. Seperti di masa lalu misalnya, kita melihat teknologi radio berkembang dengan sangat cepat. Mulai dari 1G ke 5G, perjalanan hanya berusia sekitar 40 tahun (Dengan catatan 1G di tahun 1980-an dan 5G di tahun 2020-an). Namun, dalam perjalanan ini, tantangan umum yang kami amati adalah kurangnya infrastruktur, metodologi penelitian, dan biaya.

challengesHal ini ditandai dengan masih banyaknya negara-negara di luar sana yang menggunakan teknologi 2G dan 3G dan bahkan tidak tahu tentang 4G. Nah, dalam kondisi seperti itu, pertanyaan yang paling signifikan muncul dalam pikiran setiap orang adalah seberapa jauh kelayakan 5G dan apakah ini akan menjadi teknologi yang membawa manfaat bagi beberapa negara maju atau negara berkembang?

Untuk memahami pertanyaan ini, tantangan 5G dikategorikan ke dalam dua bagian, yakni tantangan teknologi dan tantangan umum.

Tantangan teknologi

  • Inter-cell Interference – Ini adalah salah satu masalah teknologi utama yang perlu dipecahkan. Ada variasi dalam ukuran sel makro tradisional dan sel-sel kecil yang secara bersama-sama akan menyebabkan gangguan.
  • technological_challengesEfficient Medium Access Control – Dalam situasi, di mana penyebaran padat jalur akses dan terminal pengguna diperlukan, throughput pengguna akan rendah, latency akan tinggi, dan hotspot tidak akan kompeten untuk teknologi seluler untuk memberikan throughput yang tinggi. Perlu diteliti dengan baik untuk mengoptimalkan teknologi.
  • Traffic Management – Dibandingkan dengan lalu lintas manusia ke manusia yang tradisional di jaringan selular, banyak perangkat Machine to Machine (M2M) dalam sel dapat menyebabkan tantangan sistem yang serius, misalnya tantangan jaringan akses radio (RAN), yang akan menyebabkan overload dan kemacetan.

Tantangan Umum

  • Layanan Multiple – Tidak seperti layanan sinyal radio lainnya, 5G akan memiliki tugas besar untuk menawarkan layanan untuk jaringan, teknologi, dan perangkat heterogen yang beroperasi di wilayah geografis yang berbeda. Jadi, tantangannya adalah standardisasi untuk memberikan layanan yang dinamis, universal, berpusat pada pengguna dan data-rich wireless untuk memenuhi harapan tinggi dari orang.
  • common_challengesInfrastruktur – Para peneliti menghadapi tantangan teknologi standardisasi dan aplikasi layanan 5G.
  • Komunikasi, navigasi, & Sensing – Layanan ini sebagian besar tergantung pada ketersediaan spektrum radio, di mana sinyal tersebut dikirimkan. Meskipun teknologi 5G memiliki daya komputasi yang kuat untuk memproses volume data yang besar yang berasal dari sumber yang berbeda, tapi ini perlu dukungan infrastruktur yang lebih besar.
  • Keamanan dan Privasi – ini adalah salah satu tantangan yang paling penting bahwa 5G harus nemastikan perlindungan data pribadi. 5G harus menentukan ketidakpastian yang terkait dengan ancaman keamanan termasuk kepercayaan, privasi, cybersecurity, yang tumbuh di seluruh dunia.
  • Legislasi dari Cyberlaw – Kejahatan siber dan penipuan lainnya juga dapat meningkat dengan kecepatan tinggi dan teknologi 5G di mana-mana. Oleh karena itu, undang-undang dari Cyberlaw juga merupakan masalah penting, yang sebagian besar adalah melibatkan pemerintah dan politik (isu nasional maupun internasional).

Latest

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Rekomendasi

Nokia dan Vivo Sepakati Perjanjian Lintas Lisensi Paten 5G

Telko.id - Nokia hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian paten lintas lisensi multi-tahun dengan vivo. Berdasarkan perjanjian tersebut, vivo akan melakukan pembayaran royalti kepada...

Telkomsel Bersama ITB Hadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. Kolaborasi Telkomsel...

FIFA U-17, Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G dan Paket Data Nonton Bola

Telko.id - Sebagai Official Tournament Supporter dalam gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, Telkomsel hadirkan jaringan 5G dan mengelurakan paket data Nonton Bola. Selain...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini