Saluran Komunikasi LTE

Telko.id – Informasi yang mengalir antara protokol yang berbeda dikenal sebagai channel (saluran) dan sinyal. LTE menggunakan beberapa jenis saluran logis, transportasi dan fisik yang berbeda, yang dibedakan oleh jenis informasi yang mereka bawa dan bagaimana informasi tersebut diproses.

  • Saluran logis: Menentukan tipe informasi apa yang ditransmisikan melalui udara, misalnya saluran trafik, saluran kontrol, broadcast sistem, dan lain-lain. Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran logis antara protokol RLC dan MAC.

  • Saluran transport: Berkaitan dengan bagaimana sesuatu ditransmisikan melalui udara, misalnya apa yang dikodekan, dan opsi apa yang digunakan untuk mengirimkan data. Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran transportasi antara lapisan MAC dan fisik.

  • Saluran fisik: Berkaitan dengan dimana sesuatu ditransmisikan melalui udara, misalnya simbol N pertama dalam frame DL. Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran fisik antara berbagai tingkat lapisan fisik.

Saluran Logis

Saluran logis menentukan jenis data yang ditransfer. Saluran ini mendefinisikan layanan transfer data yang ditawarkan oleh lapisan MAC. Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran logis antara protokol RLC dan MAC.

Saluran logis dapat dibagi menjadi saluran kontrol dan saluran trafik. Saluran kontrol (Control Channel) dapat berupa saluran umum atau saluran khusus (terdedikasi). Saluran umum berarti umum untuk semua pengguna dalam sel (Point to multipoint) sementara saluran khusus berarti saluran yang hanya dapat digunakan oleh satu pengguna (Point to Point).

Saluran logis dibedakan berdasarkan informasi yang mereka bawa dan dapat diklasifikasikan dalam dua cara. Pertama, saluran trafik logis membawa data pada user plane, sementara saluran kontrol logis membawa sinyal pesan pada control plane.

Tabel berikut berisi daftar saluran logis yang digunakan oleh LTE:

Channel Name

Acronym

Control channel

Traffic channel

Broadcast Control Channel

BCCH

X

Paging Control Channel

PCCH

X

Common Control Channel

CCCH

X

Dedicated Control Channel

DCCH

X

Multicast Control Channel

MCCH

X

Dedicated Traffic Channel

DTCH

X

Multicast Traffic Channel

MTCH

X

Saluran Transportasi

Saluran transportasi menentukan bagaimana dan dengan karakteristik jenis apa data ditransfer oleh lapisan fisik. Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran transportasi antara MAC dan lapisan fisik.

Saluran transportasi dibedakan berdasarkan dimana prosesor saluran transportasi memanipulasi mereka. Tabel berikut berisi daftar saluran transportasi yang digunakan oleh LTE:

Channel Name

Acronym

Downlink

Uplink

Broadcast Channel

BCH

X

Downlink Shared Channel

DL-SCH

X

Paging Channel

PCH

X

Multicast Channel

MCH

X

Uplink Shared Channel

UL-SCH

X

Random Access Channel

RACH

X

Saluran Fisik

Data dan sinyal pesan dibawa ke saluran fisik antara berbagai tingkat lapisan fisik dan berdasarkan itu mereka dibagi menjadi dua, yakni saluran data fisik dan saluran kontrol fisik.

Saluran Data Fisik

Saluran data fisik dibedakan berdasarkan dimana prosesor saluran fisik memanipulasi mereka, dan di mana mereka dipetakan dalam simbol dan sub-carrier yang digunakan oleh Orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM). Tabel berikut berisi daftar saluran data fisik yang digunakan oleh LTE:

Channel Name

Acronym

Downlink

Uplink

Physical downlink shared channel

PDSCH

X

Physical broadcast channel

PBCH

X

Physical multicast channel

PMCH

X

Physical uplink shared channel

PUSCH

X

Physical random access channel

PRACH

X

Prosesor saluran transportasi terdiri dari beberapa jenis kontrol informasi, untuk mendukung operasi tingkat rendah dari lapisan fisik. Itu tercantum dalam tabel dibawah ini:

Field Name

Acronym

Downlink

Uplink

Downlink control information

DCI

X

Control format indicator

CFI

X

Hybrid ARQ indicator

HI

X

Uplink control information

UCI

X

Saluran Kontrol Fisik

Prosesor saluran transportasi juga menciptakan kontrol informasi yang mendukung operasi tingkat rendah dari lapisan fisik dan mengirim informasi ini ke prosesor saluran fisik dalam bentuk saluran kontrol fisik.

Informasi berjalan sampai ke prosesor saluran transportasi di receiver, tetapi benar-benar tidak terlihat oleh lapisan yang lebih tinggi. Demikian pula, prosesor saluran fisik menciptakan sinyal fisik, yang mendukung aspek tingkat terendah dari sistem.

Saluran kontrol fisik tercantum dalam tabel di bawah ini:

Channel Name

Acronym

Downlink

Uplink

Physical control format indicator channel

PCFICH

X

Physical hybrid ARQ indicator channel

PHICH

X

Physical downlink control channel

PDCCH

X

Relay physical downlink control channel

R-PDCCH

X

Physical uplink control channel

PUCCH

X

BTS juga mengirimkan dua sinyal fisik lainnya, yang membantu ponsel memperoleh base station sejak pertama kali dinyalakan. Ini dikenal sebagai sinyal sinkronisasi primer (PSS) dan sinyal sinkronisasi sekunder (SSS).

Artikel SebelumnyaKuartal Pertama Tahun Ini, Semua Perangkat Andromax Bisa VoLte
Artikel SelanjutnyaAliran Data Pada Layer LTE

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini