Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Nelayan Yogya dan Balikpapan Sudah Gunakan XL mFish

Telko.id – mFish, adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk para nelayan Indonesia. Untuk lebih meningkatkan produktifitasnya. Saat ini, XL mulai mengimplementasikannya kepada para nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. Pekan sebelumnya, para nelayan di Balikpapan, Kalimantan Timur juga mulai memanfaatkan panduan barbasis teknologi digital tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan selama bekerja di laut.

“Tahun ini kami mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah DI Yogyakarta dengan harapan sarana berteknologi digital yang kaya manfaatkan ini juga bisa dimanfaatkan warga nelayan setempat memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif. Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta,” ujar Bambang Parikesit, Vice Presiden Central Region XL menjelaskan.

Bambang menambahkan, distribusi paket mFish terdiri dari 160 untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sementara itu untuk nelayan Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish. Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi batre tenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data. Implementasi mFish di Yogyakarta ini sekaligus sebagai upaya XL untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang.

Dalam mengimplementasikan mFish ini, XL bekerjasama dengan TONE, yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi. Tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo sempat menyaksikan demonstrasi cara kerja mFish dan memberikan apresiasi atas aplikasi khusus bagi kaum nelayan ini.

Untuk memastikan program implementasi mFish di Yogya ini berjalan seperti yang diharapkan. XL mendapatkan dukungan dari Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL di Yogya, untuk menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Selain itu, akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektifitas.  Sosialisasi program ini sudah dilakukan sejak Desember 2015. Di sisi lain, jaringan di ke dua area tersebut sudah tersedia layanan 3G dengan kualitas yang bagus untuk akses Data.

mFish di Balikpapan

Sementara itu di Balikpapan, XL bekerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, dalam mengimplementasikan mFish. Ada total 500 paket perangkat mFish yang telah diserahkan kepada warga nelayan di 2 kampung, yaitu Kampung Baru dan Manggar, masing-masing 250 perangkat. Seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Indonesia, termasuk di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di wilayah Kawasan Timur Indonesia lainnya.

Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 1 bulan. Selanjutnya akan terus dilakukan pembinaan dan pendampingan di kampung nelayan ini oleh tim ITK selama 6 bulan, sekaligus untuk menjaga tingkat efektivitasnya. Juga akan dengan menggandeng tim dealer, dimana setiap bulannya akan menyediakan dompul isi ulang atau paket bagi nelayan di area tersebut. Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Kota Balikpapan dan sekitarnya, termasuk di lepas pantai wilayah Kota Industri tersebut. (Icha)

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

XL Axiata Donasikan Router dan Kuota Data Pada Anak Disabilitas

Telko.id - Memanfaatkan momentum Ramadan, dalam upaya mendukung pendidikan berbasis digital di Indonesia, melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK), PT XL Axiata Tbk (XL...

XL Axiata Raih Tiga Penghargaan Bergengsi

Telko.id - Komitmen kuat PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam menyelenggara layanan terbaik bagi pelanggan dan berkontribusi pada masyarakat telah membuahkan apresiasi dari...

XL Axiata, Banjir Promo di Aplikasi MyXL dan AXISnet

Telko.id - XL Axiata kembali memberikan promo spesial khusus Ramadan dan Lebaran untuk pelanggan XL Prabayar, AXIS dan PRIORITAS melalui aplikasi myXL dan AXISNet. Promo...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini