Arsitektur Roaming LTE

LTE dan Roaming

Sebuah jaringan yang dijalankan oleh satu operator di satu negara dikenal sebagai Public Land Mobile Network (PLMN) dan ketika pengguna yang berlangganan menggunakan PLMN operator-nya maka dikatakan Home-PLMN, tapi roaming memungkinkan pengguna untuk bergerak di luar jaringan rumah mereka dan menggunakan sumber daya dari jaringan operator lain. Jaringan lain ini disebut Visited-PLMN.

Pengguna roaming terhubung ke E-UTRAN, MME dan S-GW dari jaringan LTE yang dikunjungi. Namun, LTE/SAE memungkinkan P-GW baik dari jaringan yang dikunjungi maupun rumah digunakan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

lte_roaming_architecture

Jaringan rumah PGW memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan operator rumah bahkan saat berada di jaringan yang dikunjungi. Sebuah P-GW di jaringan yang dikunjungi memungkinkan “breakout lokal” ke internet di jaringan yang dikunjungi.

Antarmuka antara serving dan PDN gateway dikenal sebagai S5/S8. Ini memiliki dua implementasi yang sedikit berbeda, yaitu S5 jika kedua perangkat berada dalam jaringan yang sama, dan S8 jika mereka berada di jaringan yang berbeda. Untuk ponsel yang tidak roaming, serving dan gateway PDN dapat diintegrasikan ke dalam satu perangkat, sehingga antarmuka S5/S8 hilang sama sekali.

Biaya Roaming LTE

Kompleksitas dari mekanisme biaya baru diperlukan untuk mendukung roaming 4G jauh lebih banyak daripada di lingkungan 3G. Beberapa gambaran mengenai biaya pra-bayar dan pasca bayar untuk roaming LTE diberikan di bawah ini:

  • Biaya prabayar – standar CAMEL, yang memungkinkan layanan prabayar di 3G, tidak mendukung dalam LTE. Oleh karena itu, informasi pelanggan prabayar harus diarahkan kembali ke jaringan rumah sebagai kebalikan untuk ditangani oleh jaringan lokal yang dikunjungi. Akibatnya, operator harus bergantung pada arus hitung-hitungan baru untuk mengakses data pelanggan prabayar, seperti melalui P-Gateways di kedua IMS dan lingkungan non-IMS mereka atau melalui CSCF mereka dalam lingkungan IMS.
  • BIaya Pascabayar – Biaya penggunaan data pada pascabayar berlaku sama dalam LTE seperti dalam 3G, menggunakan versi TAP 3.11 atau 3.12. Dengan layanan IMS local breakout, TAP 3.12 diperlukan.

Operator tidak memiliki jumlah visibilitas yang sama ke kegiatan pelanggan seperti yang mereka lakukan dalam skenario home-routing dalam kasus skenario local breakout karena sesi pelanggan-data disimpan dalam jaringan yang dikunjungi. Oleh karena itu, agar operator rumah dapat menangkap informasi real-time pada kedua pelanggan pra dan pasca bayar, harus dibangun antarmuka Diameter antara sistem biaya dan jaringan P-Gateway yang dikunjungi.

Dalam kasus local breakout dari skenario layanan ims, jaringan yang dikunjungi menciptakan detail catatan panggilan (CDR) dari S-Gateway (s), namun, CDR ini tidak mengandung semua informasi yang diperlukan untuk membuat sesi mobile TAP 3.12 atau catatan pesan acara untuk penggunaan layanan. Akibatnya, operator harus menghubungkan jaringan data inti CDR dengan CDR IMS untuk membuat catatan TAP.

 

Artikel SebelumnyaPenomoran dan Penamaan Dalam LTE
Artikel SelanjutnyaArsitektur Jaringan LTE

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini