Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Facebook Lirik Gelombang Milimeter untuk Internet Gratis

Telko.id – India boleh saja memblokir layanan Free Basics milik Facebook, namun tidak berarti jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu berputus asa. Kenyataannya, Facebook masih melanjutkan upayanya untuk menyebar luaskan layanan internet gratis yang merupakan bagian dari internet.org itu untuk negara-negara berkembang.

Perusahaan baru-baru ini mengatakan kepada the Verge, bahwa mereka sedang meneliti jaringan nirkabel yang menggunakan band gelombang milimeter yang memiliki frekuensi sangat tinggi. Ada setidaknya dua paten diterapkan pada teknologi ini, yang mirip dengan yang diusulkan oleh Starry, perusahaan yang dipimpin oleh CEO Aereo, Chet Kanojia.

“Karya ini merupakan bagian dari Connectivity Lab yang mendukung misi Internet.org – untuk menghubungkan empat miliar orang yang tidak memiliki akses Internet,” ungkap salah seorang perwakilan.

Gelombang Milimeter nirkabel beroperasi di spektrum 30 sampai 300GHz, sebuah frekuensi yang juga sedang diuji oleh operator untuk jaringan seluler 5G. Ini umumnya diatur sebagai jaringan “mesh,” dimana sinyal memantul antara antena ditempatkan secara strategis. Sinyal tersebut umumnya tidak melalui dinding atau hambatan lainnya, sehingga garis langsung dari situs diperlukan.

Kanojia baru-baru ini mengatakan bahwa Starry berencana untuk menggunakan ini untuk memberikan koneksi berkecepatan gigabit dengan kapasitas tak terbatas.

Seiring dengan penelitiannya terhadap jaringan gelombang milimeter, Connectivity Lab Facebook sedang mencari cara untuk menyediakan internet melalui satelit dan sarana lainnya. Namun, layanan Free Basics perusahaan, yang memberikan pengguna akses ke Facebook dan beberapa situs lain (tetapi tidak semua internet), tidak serta merta diterima. Banyak yang berpikir bahwa itu melanggar prinsip-prinsip netralitas internet dan dapat membahayakan proyek lain yang juga menyediakan internet gratis untuk daerah miskin. Google, misalnya, memiliki Project Loon, yang menggunakan balon di langit-langit yang tinggi untuk mendistribusikan internet nirkabel, dengan tidak ada batasan konten.

Aplikasi paten Facebook merinci bagaimana jaringan dapat dibangun secara efisien menggunakan sistem gelombang milimeter, tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan diakui oleh USPTO. Demikian dilaporkan Engadget, Kamis (11/2).

Selain Facebook dan Starry, sebelumnya beberapa pemain lain juga telah meneliti teknologi ini, termasuk operator jaringan seluler.

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini