Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Carier Aggregation di 2 Spektrum, Smartfren Tunggu Kesiapan Vendor

Telko.id – Smartfren akan semakin meningkatkan kualitas layanan 4G mereka dengan menghadirkan Carier Aggregation (CA) di dua spektrum yang saat ini mereka miliki. Pernyataan tersebut telah disampaikan pada kuartal terakhir tahun lalu, lebih tepatnya ketika tim Telko.id ikut dalam kegiatan Uji Jaringan 4G Smartfren di pusat networking perusahaan di kawasan BSD, Serpong.

Namun, sampai dengan awal tahun ini, pihak Smartfren belum menyelenggarakan Carier Aggregation di dua spektrum yang mereka miliki, yakni pada 850 Mhz dan 2300 Mhz. Sebagai informasi, saat ini Smartfren baru melakukan Carier Aggregation di spektrum 2300 Mhz saja dengan total lebar frekuensi pada spektrum ini yang mencapai 30 Mhz.

Mengenai hal ini, Munir SP selaku VP Spesial Project Network Smartfren mengungkapkan, “Kami sebenarnya sudah siap dan kami menginginkannya tahun lalu, namun kami masih menunggu ketersediaan perangkat jaringan dari dua vendor kami yaitu ZTE dan Nokia,” ucapnya pada kegiatan media update di Jakarta, Senin (25/1).

Sementara itu, pihak Nokia dan ZTE yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengungkakan alasan mereka belum menghadirkan perangkat yang mendukung Carier Aggregation di dua Spektrum ini. Mereka menyebut, kurangnya ketersediaan ekosistem yang mendukung menjadi alasan mereka untuk belum menghadirkan perangkat ini di Indonesia. Salah satu ekosistem yang mendukung adalah ketersediaan handset 4G Cat 6 di pasar Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Nantinya, Smartfren akan memiliki total 40 Mhz untuk jaringan 4G di dua spektrum tersebut. ZTE sendiri sebenarnya telah menghadirkan perangkat yang mendukung Carier Aggregation untuk dua spektrum ini di China, namun untuk Smartfren, mereka belum melakukannya.

Untuk mengoptimalkan teknologi Carier Agreggartion, sejatinya diperlukan sebuah perangkat yang mendukung teknologi 4G kategori 6 dan seterusnya. Carier Aggregation sendiri nantinya akan mempercepat kinerja dari jaringan 4G yang dimiliki oleh Smartfren.

Permasalahan yang timbul adalah kurangnya ketersediaan perangkat 4G kategori 6 di pasaran. Sampai dengan saat ini saja, beberapa handset yang menwarkan 4G Cat 6 masih menawarkan harga yang belum terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Beberapa perangkat tersebut diantaranya iPhone 6, Samsung Galaxy Note 4 dan Note 5.

Terkait perangkat sendiri, Smartfren menyebut sementara ini masih menjalin kerjasama dengan brand Smartphone 4G. Disinggung mengenai subsidi perangkat, Smartfren menyebutkan tidak akan memberikan subsidi untuk perangkat 4G Cat 6 yang masih dibanderol dengan harga tinggi. Namun, mereka menjanjikan akan menghadirkan perangkat Andromax yang mendukung 4G kategori 6 yang tentunya menawarkan harga yang lebih terjangkau. Meski mereka tidak menyebut kapan waktu pastinya. [ak/if]

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H, Smartfren Perkuat Jaringan

Telko.id - Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Smartfren terus melakukan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya, serta memberikan promo paket data...

Smartfren dan Baicells Kolaborasi Kembangkan LTE dan 5G

Telko.id - Baicell menandatangani kesepatakan kerja sama dengan Smartfren Business untuk mengembangkan solusi jaringan Private LTE dan Private 5G di Indonesia. Solusi tersebut akan diluncurkan...

Smartfren Home, Tawarkan Wireles Router Buat WiFi di Rumah

Telko.id - Smartfren meluncurkan Smartfren Home yakni layanan WiFi untuk di perumahan dengan menggunakan wireles router untuk memberikan pengalaman internet rumah yang mudah, kuota...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini