Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Inilah Prediksi Cloudera Tentang Big Data di Tahun Ini

Telko.id – Kita menyaksikan transformasi besar dalam teknologi informasi (TI) tahun lalu, karena banyak perusahaan ingin jadi lebih efektif dalam mengelola dan memanfaatkan data mereka untuk mengambil keputusan. Fokus pada inisiatif kota pintar yang mendorong tren seperti peningkatan konektivitas, lebih mendorong pentingnya data untuk bisnis, baik besar maupun kecil.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima tim Telko.id,  tahun 2016 kita akan menyaksikan pergeseran yang lebih luas karena data akan lebih terintegrasi ke dalam proses pengambilan keputusan dalam bisnis dan industri. Pengambil keputusan bisnis akan menginginkan inisiatif yang didorong untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dan berperan dalam konektivitas dunia.

Hal ini menjadi tak terelakkan bagi sektor bisnis karena budaya data sudah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, aplikasi ponsel pintar yang menganalisis data lalu lintas dan menyarankan rute terbaik pada pengguna di sekitar kota, perangkat pelacak kebugaran yang membantu pengguna memantau dan menjalani gaya hidup yang lebih aktif, dan lain-lain.

Berikut adalah prediksi Cloudera mengenai perkembangan Big Data di tahun 2016.

Dimana bisnis dan teknologi bertabrakan
Lebih dari sebelumnya, perusahaan akan memberi perhatian kepada teknologi dan data untuk memecahkan masalah bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat penggunaan populer dari pelayanan pelanggan holistik untuk membangun aliran pendapatan, mendorong efisiensi dalam produk dan pelayanan, serta mengelola risiko, kepatuhan dan keamanan siber.

Tahun ini, perusahaan akan melihat melebihi teknologi dan melihat nilai bisnis dari penggunaan ini. Mereka akan menyadari arti sebenarnya dari mengubah data menjadi dolar. Sekarang, organisasi akan memperoleh nilai tambah yang lebih besar dengan menyelaraskan data dan teknologi untuk tujuan bisnis.

Modernisasi perusahaan tradisional
Semakin banyak perusahaan tradisional mulai berperilaku seperti perusahaan modern, menjadi lebih terbuka untuk menjadi data-sentris dan informasi-driven. Perusahaan tradisional ini akan mengatasi tantangan dari sistem silo yang berbeda yang sudah lama mereka miliki dengan bantuan dari platform analitis manajemen data modern yang tersedia. Mereka akan terus menjadi perusahaan dengan aplikasi minimum dan proses-sentris, sehingga memiliki keunggulan kompetitif yang lebih tinggi untuk produk atau jasa mereka, terlepas dari skala atau tahap pertumbuhan bisnis mereka.

Data sebagai Keterampilan
Sementara tren untuk memanfaatkan big data untuk informasi telah berkembang dengan cepat di seluruh dunia, kesadaran umum dari nilai yang bisa diambil dari data masih rendah di kawasan Asia Pasifik. Saat ini karena perusahaan di semua pasar semakin banyak menggunakan teknologi untuk mengambil nilai dari big data, jelaslah ini mendorong permintaan akan keterampilan terkait. Dengan demikian, akan terjadi kekurangan profesional di bidang pengelolaan data. Kesenjangan ini hanya dapat diisi dengan pendidikan dan pelatihan—sekolah-sekolah yang akan mengajarkan analisis dan ilmu pengetahuan data, dan perusahaan swasta yang memimpin peningkatan keterampilan profesional. Industri akan bersama-sama menumbuhkan generasi baru profesional IT yang akan mengisi kesenjangan keterampilan bagi pengusaha di bidang tersebut.

Internet of Things
Berbicara mengenai big data, industri manufaktur layak mendapatkan perhatian khusus. Kita telah melihat munculnya Internet of Things (IOT) dalam beberapa tahun terakhir, tetapi di bidang manufaktur, baik untuk kendaraan, ponsel, maupun peralatan rumah tangga, kita akan semakin banyak melihat aplikasi yang dijalankan dengan sensor yang akan memungkinkan pemeliharaan prediktif. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menjadi fitur-fitur yang mengirimkan informasi kembali ke produsen produk,  sehingga memungkinkan teknisi untuk memprediksi dan memperbaiki masalah secara cepat atau engineeruntuk mengembangkan produk generasi berikutnya dengan lebih baik. Kita akan melihat evolusi peningkatan kualitas berkat teknologi data.

Industri lain juga akan terus berkembang melalui evolusi data. Institusi kesehatan, misalnya, akan dapat belajar lebih banyak tentang pasien mereka melalui data dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah medis dan menjaga kesehatan pasien dengan cara lebih efektif. IOT akan terus mengubah industri pada tahun 2016.

Kepercayaan pada Open Source
Tahun ini, kepercayaan perusahaan terhadap Open Source semakin meningkat karena ini menjadi komponen IT yang semakin penting. Manajemen dataopen source bersifat fleksibel, terjangkau dan hemat biaya, sehingga ideal untuk perusahaan dengan jumlah data yang besar. Dalam jajak pendapat terbaru untuk pelaku industri, 83 persen responden mengatakan mereka menggunakan Open Sourcesecara terbatas saat ini, dan 91 persen mengatakan mereka telah menggunakan Open Source atau berencana untuk mengadopsi teknologi Open Sourcepada tahun 2020. Hal ini tidak mengherankan karena sistem Open Source telah menjadi lebih aman dengan enkripsi data, otentikasi pengguna atau teknik otorisasi, dan banyak lagi.

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 5 Hal Yang Harus Diketahui

Telko.id - Jelang lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik. Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak...

Sony Hadirkan Tiga Mikrofon Nirkabel Berkualitas Suara Luar Biasa

Telko.id - Sony memperkenalkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1. Mikrofon mutakhir ini menggabungkan pengambilan suara berkualitas tinggi dengan desain...

Sharp Greenerator, Ajak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Telko.id - Sharp Greenerator komunitas anak muda binaan Sharp Indonesia kembali lakukan kebaikan di bulan Ramadan melalui kegiatan Charity yang dilaksanakan di panti asuhan...