Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Wi-Fi Alliance Luncurkan Solusi Low Power Wi-Fi untuk IoT

Telko.id – WiFi adalah salah satu yang dimanfaatkan untuk tumbuh kembang nya Internet of Things. Dan baru saja Wi-Fi Alliance meluncurkan solusi daya rendah Wi-Fi yang disebut dengan Wi-Fi Halow. Wi-Fi HaLow ini didesain untuk dapat berkoneksi dengan teknologi IEEE 802.11ah.

Aliansi Wi-Fi ini mengatakan solusi akan Memanfaatkan frekuensi spektrum bawah 900 MHz untuk memungkinkan konektivitas daya rendah. Dengan menggunakan spectrum ini akan lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan spectrum tradisional di 2.4 GHz dan 5 GHz. Terutama lebih efektif ketika berada di dalam gedung atau ruangan.

Wi-Fi Halow diharapkan memiliki range yang lebih luas untuk membuat flexible IoT. Mulai dari smart homes, koneksi di kendaraan, digital healthcare, retail, agriculture, Smart City dan industry yang mengembangkan Internet of Things.

“Wi-Fi Halow cocok untuk memenuhi kebutuhan yang unik untuk smart home, smart city dan pasar industry karena memungkinkan beroperasi dengan daya rendah, mampu menembus dinding dan dapat beroperasi lebih lama ketimbang Wi-Fi yang sekarang ini,” ujar Edgar Figueroa, President and CEO WiFi Alliance menjelaskan.

Lebih lanjut, Edgar juga menyebutkan bahwa WiFi HaLow merupakan pengembangan dari Wi-Fi yang ada saat ini yang memungkinkan mengaktifkan aplikasi yang dioperasikan dengan menggunakan baterai dalam device yang kecil hingga skala yang lebih besar untuk indutsri.

Banyak perangkat yang mendukung Wi-Fi HaLow dan juga dapat beroperasi di 2.4 GHz dan 5 GHz, sama baik nya dengan di spectrum 900 MHz. Hal ini membuat device dapat berkoneksi dengan ekosistem Wi-Fi yang saat ini sudah ada di 6.8 miliar perangkat.

Seperti juga pada device berWi-Fi lainnya, perangkat Wi-Fi HaLow juga mendukung konektifitas IP-based yang mampu menghubungkan dengan Cloud dan akan mendorong potensial IoT lebih baik lagi. Kelebihan lain dari Wi-Fi HaLow adalah mampu melakukan konektifitas pada ribuan perangkat melalui single access point.

Teknologi ini disebut dapat mengakomodir multi-vendor interoperability dengan menggunakan Wi-Fi protocol yang sudah ada. Serta compatible dengan semua produk yang bersertifikat WiFi Alliance. Aliansi ini juga menyebutkan bahwa teknologi ini sama dengan level keamanan pemerintah dan sangat mudah untuk setup solusi Wi-Fi ini.

Pada saat peluncuran, organisasi ini juga mengumumkan katagori keanggotaan baru untuk memperluas konektifitas untuk banyak perangkat tradisional dengan teknologi rendah seperti pembersih vakum dan tombol-tombol pintu. (Icha)

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

Tukar Sampah Botol Plastik Menjadi Uang Elektronik

Telko.id – Yuk ikutan tukar sampah botol plastik, bisa ditukar jadi uang elektronik lho. Ini merupakan inisiatif dar Sinar Mas Land melalui Living Lab...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini