Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Layanan MBanking Telkomsel Masih SMS Based dan USSD, Kenapa?

Telko.id – Telkomsel baru saja meluncurkan mBanking. Satu aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa rekening nasabah di beberapa bank. Setidaknya ada 22 bank yang dapat dipilih oleh nasabah. Tapi, kecanggihan mBanking telkomsel ini tidak mengubah teknologi dibalik nya. Operator ini tetap memilih SMS based dan USSD untuk melayani pelanggannya. Kenapa?

Menurut Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel, di sela peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel, di Jakarta, Rabu (12/12), SMS based dan USSD ini memiliki keamanan yang lebih baik ketimbang menggunakan berbasis internet. Itu sebabnya, Telkomsel masih mempertahankannya.

mBanking Telkomsel hanya menggunakan internet ketika melakukan download aplikasi awal saja. Selebih nya akan berbasis SMS Banking.

Lucunya, meskipun aplikasi mobile banking sudah dihadirkan oleh banyak bank, layanan berbasis SMS atau SMS banking ternyata masih diminati oleh pelanggan Telkomsel melalui menu akses *141#.

Harris menyampaikan, hingga awal Desember 2018, transaksi layanan SMS banking di jaringan Telkomsel meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu. Telkomsel sendiri saat ini melayani sekitar 10 juta pengguna SMS banking setiap bulannya.

“Awalnya, ketika banyak bank membuat aplikasi mobile banking, kita memang sempat memperkirakan akan terjadi penurunan transaksi SMS banking. Namun, ternyata layanan ini masih banyak peminatnya. Kita masih bisa maintain pertumbuhannya hingga double digit seperti pencapaian tahun lalu,” kata Harris.

Kelebihan dari SMS Banking adalah layanan dapat digunakan melalui tipe ponsel apa pun, baik smartphone maupun feature phone, serta tidak perlu menggunakan akses layanan data.

Karenanya, layanan ini tetap akan dihadirkan, meskipun Telkomsel sudah meluncurkan aplikasi mBanking yang menyatukan layanan dari banyak bank.

“SMS banking akan tetap kita hadirkan untuk mengakomodir kebutuhan orang-orang yang masih pakai feature phone,” ujar Harris.

 

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Telkomsel Salurkan Ratusan Pasang Sepatu Hasil Donasi Poin Pelanggan

Telko.id - Telkomsel menyerahkan ratusan pasang sepatu hasil donasi pelanggan kepada sejumlah pelajar di Papua. Penyerahan donasi merupakan bagian dari rangkaian program donasi melalui penukaran...

Nge-game Asyik Pakai Paket GamesMAX Booster Terbaru Dari Telkomsel

Telko.id - Telkomsel luncurkan Paket GamesMAX Booster, ini merupakan cara operator ini untuk menggarap ekosistem industri gaming dan esports di Indonesia terus berkembang pesat. Terlebih...

Telkomsel dan Huawei Resmikan 5G Smart Warehouse, Untuk Apa?

Telko.id – Telkomsel dan Huawei i telah meresmikan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center pertama di Indonesia yang bertempat di Cikarang, Bekasi, Jawa...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini