Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

NCC : 700 Mhz Tidak Seharusnya di Jual ke MTN

Telko.id – Menyusul kontroversi membuntuti penjualan spektrum 700MHz dengan nilai 34 miliar Naira (mata uang Nigeria) kepada MTN Nigeria oleh National Broadcasting Commission (NBC),  Wakil Ketua Eksekutif  Nigerian Communications Commission (NCC), Prof Umar Danbatta, mengatakan spektrum seharusnya tidak  dijual oleh NBC karena hal tersebut merupakan spektrum telekomunikasi yang sangat penting untuk penyebaran broadband.

Namun ia mengatakan komisi tidak akan bergabung masalah dengan NBC atas penjualan spektrum, melainkan memungkinkan Dewan Manajemen Frekuensi yang akan ambil bagian untuk menangani masalah ini.

“NCC tidak akan ikut terlibat pada kasus NBC, karena di bawah kementerian yang berbeda dan kami tidak berpikir itu adalah pendekatan yang tepat. Dewan Manajemen Frekuensi yang merupakan organisasi yang sangat penting dari pemerintah yang memiliki perwakilan dari Kementerian Federal Sains dan Teknologi serta Kementerian Komunikasi yang akan mengkaji hal tersebut, “kata Danbatta seperti dilansir dari thisdailylive.

“Kami bermaksud untuk memanfaatkan diri dari mekanisme arbitrase dan mediasi melalui Dewan Manajemen Frekuensi yang ada,” katanya.

Danbatta menambahkan, Komisi sedang mempertimbangkan mencari cara-cara baru untuk bernegosiasi dengan MTN untuk kisaran dari frekuensi itu dan setidaknya tidak sampai 700MHz.

“Kisaran atas untuk penyiaran adalah 694MHz yang akan membebaskan spektrum 700MHz untuk digunakan untuk memfasilitasi layanan komunikasi. Itu adalah pendekatan kami untuk mengatasi masalah ini dan saya telah berbicara dengan NBC dan mereka telah menyatakan siap datang ke Komisi untuk membicarakan hal tersebut sehingga kita bisa bersama-sama mendapatkan jalan keluar yang tepat agar tidak terjadi isu yang akan merusak keharmonisan Nigeria di masa mendatang,” ucapnya.

NBC mengatakan, tahun lalu mereka memiliki Spektrum sebesar 700MHz dan telah dijual ke MTN setelah proses hukum yang ketat, termasuk persetujuan dari pemerintah federal dan Dewan Manajemen Frekuensi.

Direktur Jenderal NBC, Mr. Emeka Mba, beberapa waktu lalu mengklarifikasi mengapa NBC menjual spektrum tersebut kepada MTN.

Menurut Mba, NBC membutuhkan uang untuk membiayai Digital Switchover (DSO), yakni proyek migrasi Nigeria dari penyiaran televisi analog ke penyiaran digital pada bulan Juni 2017. NBC harus meminta persetujuan dari pemerintah untuk menjual spektrum guna mengumpulkan uang dibutuhkan untuk membiayai proyek tersebut dan mendapat anggukan dari pemerintah untuk melakukannya.

Terlepas dari penjelasan tersebut, beberapa pemangku kepentingan industri masih tidak setuju terhadap penjualan ini, mereka bersikeras bahwa itu bukan hak NBC untuk melakukan lelang spektrum nasional, tapi hak prerogatif NCC untuk melakukannya.

Namun, pemeriksaan terakhir mengungkapkan bahwa 700MHz adalah spektrum siaran dan ketika NBC memasuki penyiaran digital dan spektrum analog akan dibebaskan untuk komunikasi.

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Menkominfo Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global

Telko.id - Pemerintah mendukung upaya pengembangan ekosistem industri digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui industri pusat data Indonesia yang bisa go global. Menteri...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi...

BAKTI Kominfo Sediakan Akses Internet di TPS di 3T

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo memfasilitasi kebutuhan akses internet di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) untuk penyelenggara Pemilu. Hal...