Saturday, December 15, 2018

XL Home Jadi ‘Kantong’ Revenue Baru Bagi XL

Telko.id – XL coba memberikan layanan data yang lengkap pada pelanggannya. Bukan hanya selular, kini XL juga masuk ke layanan fixed broadband berbasis fiber optic yang diberi nama XL Home. Layanan ini diharapkan menjadi ‘kantong’ revenue baru bagi XL. Hanya saja, belum tahun ini.

Harapan nya, tahun depan sudah sudah mulai menghasilkan.

“Tahun depan, kami berharap bisa mencapai 500 ribu pelanggan,” ujar Abhijit Navalekar, Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Axiata.

XL Home menyediakan tiga variasi paket, yang ditawarkan oleh XL HOME, yaitu paket Family dengan harga Rp. 349.000, paket Super User dengan harga Rp. 499.000, dan paket Ultimate dengan harga Rp. 999.000, dengan kecepatan mulai dari 100Mbps hingga 500Mbps, tanpa batas.

Jadi, kalau pelanggan yang ditargetkan 500 ribu, lalu jika paket Family saja yang dipakai pelanggan, maka, pada akhir tahun, XL Home bisa menyumbangkan revenue pada holding sebesar Rp174,5 miliar. Masih kecil memang, tapi dengan adanya jaringan yang sudah dibangun ini, nanti nya akan dikembangkan juga kea rah IoT.

Untuk itu, XL Home pun menggandeng Netflix agar target diakhir tahun 2019 pun bisa tercapai. Ditambah juga dengan memperluas jaringan.

Mengapa Netflix? Abhijit menambahkan bahwa, “kerjasama dengan Netfilx ini untuk pelanggan kami dapat menikmati berbagai pilihan tontonan berkualitas tinggi baik film, serial TV, dokumenter maupun tayangan keluarga dan anak-anak yang berkualitas dari berbagai penjuru dunia di Netflix langsung di TV melalui XL Home Entertainment Box dan didukung oleh internet super cepat dan stabil untuk mengakses konten secara nyaman”.

Kondisi industry operator TV yang saat ini sering tiba-tiba menaikan tarif menurut Roy Wishnu Wibowo, Head of Product of Home Business. “Itu sebabnya, respon masyarakat terhadap XL Home juga bagus”.

Untuk perluasan wilayah Abhijit Navalekar menambahkan, bahwa sudah menjadi rencana pengembangan XL Home. Bahkan, perluasan ini juga tidak akan berhenti di 5 kota saja. Rencana pengembangan tahap selanjutnya sudah ditetapkan.

Pengembangan wilayah jangkauan ini merupakan respon atas terus meningkatnya minat masyarakat untuk bisa mendapatkan layanan internet yang lebih cepat dan stabil melalui fiber broadband.

Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar merupakan kota-kota dengan permintaan yang tinggi untuk layanan yang dimaksud. Menurutnya, XL Home mampu memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan bahkan memberikan manfaat tambahan lainnya, berupa layanan hiburan yang lebih baik dari penawaran produk lainnya.

Dengan kualitas akses yang seperti itu, memungkinkan pelanggan untuk bisa mengakses, mengirim maupun mengunduh data dengan ukuran besar, streaming music, video maupun film, hingga main game online tanpa hambatan.

Dengan berlangganan XL Home pelanggan langsung mendapatkan perangkat XL Home Entertainment Box dengan teknologi Android terbaru yang disertifikasi oleh Google. Dengan perangkat itu, pelanggan akan bisa mengakses ribuan konten, aplikasi dan saluran televisi lokal maupun internasional.

XL Home Entertainment Box memungkinkan pelanggan untuk memilih sendiri hiburan yang diminatinya dan hanya membayar konten atau saluran televisi yang dipilihnya. Ini yang membedakan dengan layanan broadband lainnya, dimana pilihan paket dan kontennya kurang fleksibel, sehingga pelanggan membeli paket dengan konten atau tayangan yang belum tentu dikehendaki.

Itu sebabnya, XL Home yang membidik segmen keluarga muda, juga memperhatikan sisi keamanan bagi anak-anak di bawah umur. Layanan ini menyediakan fitur yang bisa mengatur Kidz Mode, dimana orang tua dapat mengendalikan jenis tontonan bagi anak-anak mereka.

Selain Netflix, pelanggan XL Home juga memiliki keleluasaan mengakses konten-konten yang ada dalam IFLIX, CATCHPLAY, dan yang akan datang adalah beIN SPORTS CONNECT untuk konten olahraga dan EROS NOW untuk tayangan bollywood.

Selain itu, juga tersedia berbagai saluran televisi lokal maupun internasional yang disediakan oleh DENS TV, UCAST TV, dan IVIDEOSMART, seperti Bloomberg, Entertainment Weekly, Sports Illustrated, Automoto TV, Simply K-Pop, dan hingga puluhan channel tv lokal lainnya, serta tentunya pelanggan bisa  menikmati semua konten dari YOUTUBE langsung di TV. Pelanggan juga bisa mengakses dan unduh ribuan aplikasi dari Google Play Store melalui perangkat XL Home Entertainment box. Tidak ketinggalan, tersedia juga tayangan ramah anak dari DA VINCI KIDS dan IFLIX KIDS. (Icha)

 

 

 

 

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…