Wednesday, November 21, 2018

IoT Jadi ‘Calon’ Penyumbang Revenue Besar Telkomsel

Telko.id – Era digital memang memberikan angin segar bagi semua operator. Dari sekian banyak layanan digital, Internet of Things lah yang diprediksi oleh Telkomsel akan jadi penyumbang revenue terbesar pada operator.

“Dari semua layanan digital, yang memberikan impact terbesar adalah IoT. IoT ini juga sagat erat relevansi nya dengan program pemerintah yakni Making Indonesia 4.0,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel saat jumpa media pada ajang festival kreatif, IdeaFest X The NextDev di Jakarta (26/10).

Telkomsel sendiri tidak hanya mengembangkan IoT saja, tetapi juga berbagai layanan, baik yang kini sudah berjalan maupun berbagai macam layanan yang masih dalam bentuk incubator untuk digali potensinya. Baik entertainment maupun bisnis.

IoT sendiri merupakan konsep yang punya tujuan memperluas pemanfaatan Internet agar terus terhubung di segala macam perangkat, mulai dari perangkat rumah tangga hingga korporasi. Konsep ini sangat mungkin dimasuki oleh Telkomsel dalam mengembangkan bisnisnya dan memperkuat posisi sebagai perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia.

Adapun solusi IoT Telkomsel yang sudah melewati masa inkubasi, antara lain bike sharing di Universitas Indonesia (UI) yang merupakan hasil kolaborasi bersama Banopolis; automatic fish feeder dengan adanya aqua culture solution bagi petani dan petambak di berbagai daerah di Indonesia hasil kolaborasi bersama eFishery; dan, smart bin waste management system bersama Danone dan Alfamart.

Sedangkan beberapa solusi bisnis lainnya yang akan segera masuk ke tahap komersialisasi antara lain adalah smart metering, dan remote tank monitoring.

Ririek juga mengakui bahwa saat ini pendapatan atau revenue, digital sudah memberikan sumbangan yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan dari legacy. “Bahkan, tahun depan besar akan lebih besar lagi,” kata Ririek. Sayang, seberapa besar persentase nya saat ini dan potensi nya tahun depan tidak mau diungkapkan oleh Ririek.

Ririek juga menyakini bahwa semua layanan digital ini tidak bisa dikembangkan hanya oleh Telkomsel saja. Perlu kolaborasi dengan berbagai pihak agar lebih cepat terwujud.

Untuk itulah, Telkomsel menggelar festival kreatif IdeaFest x The NextDev untuk memperkenalkan berbagai teknologi dan layanan yang sedang dikembangkan oleh operator ini sebagai inspirasi bagi masyarakat yang ingin terjun ke dunia digital. (Icha)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…