Saturday, December 15, 2018

Dunia Games Gelar Liga eSport Terbesar Di Indonesia

Telko.id – eSport di Indonesia semakin berkembanga. Dan operator yang sangat agresif ikut mengembangkan adalah Telkomsel. Bukan hanya Indonesia Games Championship yang digelar setiap tahun, operator melalui Dunia Games ini pun menggelar Liga eSport sebagai rangkaian kompetisi.

Liga eSport yang diadakan Dunia Games tahun ini dapat diikuti oleh seluruh gamer di Indonesia yang terbagi menjadi tiga liga yaitu Dunia Games League, Dunia Games Campus League, dan Dunia Games Pro League. Total hadiah yang disediakan Rp 3 Milyar dan bagi para pemenang berkesempatan untuk bertanding di IGC 2019.

“Layanan game online akan memerlukan standar jaringan yang sangat bagus dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah. Untuk itu kami selalu meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE untuk memastikan stabilitas layanan data sehingga para gamers dapat menikmati game online dengan nyaman. Hingga saat ini lebih dari 60 juta pengguna Telkomsel dari 90 juta pemain telah aktif yang bermain mobile games secara online di Indonesia,” ujar Crispin P Tristram, Head of Digital Lifestyle Telkomsel dalam peluncuran Liga eSport, di Jakarta (17/10).

Foto: Hendra Wiradi/Telset

Games yang dipertandingkan pada liga eSport ini antara lain adalah Mobile Legends Bang Bang untuk Dunia Games League, Free Fire untuk Dunia Games Campus League dan Dunia Games Pro League. Pendaftaran Dunia Games League sudah dapat diaksessecara online melalui https://dgl.duniagames.co.id/.

Dunia Games League secara serentak diadakan di 141 kota dan 13 tim terbaik akan dipertandingkan di tingkat nasional untuk memperebutkan gelar juara pada grand final yang akan berlangsung pada Maret 2019 di Dunia Games Esports Stadium, Jakarta. Registrasi Dunia Games League dimulai pada awal Oktober 2018 dan mulai berkompetisi pada akhir Oktober 2018.

Sedangkan Dunia Games Campus League akan berlangsung di 13 kampus se-Indonesia dan 12 tim terbaik menuju grand final yang akan dipertandingkan bersamaan dengan grand final Dunia Games League. Registrasi Dunia Games Campus League akan dibuka pada akhir November 2018 dan Dunia Games Pro League dibuka pada awal Januari 2019.

“Liga eSport Dunia Games akan diikuti lebih dari 45.000 peserta terbagi lebih dari 6.000tim. Selama liga ini berlangsung kami menargetkan 60 juta online viewers dari lebih 24.000 pertandingan dan 2.500 jam produksi tayangan, akan menjadikan ajang ini sebagai turnamen eSport terbesar yang diadakan di Indonesia tahun ini. Melalui Liga ini, di samping berkompetisi kami ingin para gamers di Indonesia saling berinteraksi dan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang eSport,” ujar Crispin.

Di jaringan Telkomsel, pemain games cukup banyak. Setidaknya, tercatat di Dunia Games ada 60 juta pelanggan setiap bulan yang aktif bermain. Rata-rata pemain akan mengkonsumsi layanan data 200 – 300 MB. Jika untuk setiap jam itu menghabiskan 30MB maka setiap bulannya pare gamers itu bermain rata-rata 7 jam setiap bulan. Tapi, ada yang juga yang sangat addict maka konsumsi data akan lebih dari itu.

Telkomsel sendiri, mengaku bahwa pendapatan dari games ini cukup tinggi. Apalagi, jika ada kompetisi. “Setidaknya, setiap kompetisi itu ada sekitar 60 ribu pertandingan. Setiap games akan menghabiskan 50-100MB per pertandingan, itu diluar dari latihan,” ujar Auliya Ilman Fadli, GM Games and Apps Telkomsel menjelaskan.

Itu sebabnya, Telkomsel cukup serius menggarap eSport iniBahkan, Telkomsel pun sudah membuat game sendiri yakni Shell Fire. Namun, games ini masih belum digunakan karena ada persyaratan sebuah games untuk bisa dijadikan kompetisi, minimal 200 ribu/hari yang main. Sedangkan Shell Fire baru dimainkan 40 ribu/hari. Jadi, ditargetkan pada tahun depan, game ini akan digunakan dalam kompetisi. (Icha)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…