Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Internet Satelit Siap Dukung Komunikasi Paska Gempabumi Sulteng

Telko.id – Dengan kondisi pasokan listrik yang belum optimal paska gempabumi yang melanda di Sulawesi Tengah, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan sebanyak 31 unit telepon satelit untuk dukung komunikasi. Semuanya didistribusikan ke posko-posko penanganan bencana bekerja sama dengan Danrem setempat.

Pengiriman telepon satelit tahap kedua sedang berlangsung. Sebanyak 50 unit telepon satelit yang pernah digunakan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana di Lombok, NTB, siap dikirimkan ke Palu, untuk mendukung pelaksanaan komunikasi penanganan bencana di Sulawesi Tengah.

BAKTI Kementerian Kominfo pun pada Senin (01/10/2018)  pagi telah mengirimkan 8 unit perangkat internet satelit VSAT Ku-Band yang akan dipasang oleh 4 orang teknisi di posko penanganan bencana gempabumi di Sulteng. Sebanyak 2 perangkat VSAT sudah terpasang dan bisa digunakan untuk mendukung pengiriman data di Posko Utama Korem Tadulako dan Posko Media BAKTI Kominfo Rumah Jabatan Gubernur Sulteng Siranindi.

Saat ini BAKTI juga sedang melakukan penyiapan panel surya agar bisa digunakan di Palu untuk menunjang kebutuhan pasokan listrik di posko penanganan bencana, khususnya untuk menopang kebutuhan perangkat telekomunikasi.

Untuk pemulihan jaringan telekomunikasi seluler pun terus dilakukan. Setidaknya, tiga operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata melaporkan layanan telekomunikasi seluler sudah dapat berfungsi sebanyak 49% coverage.

Total sampai hari Senin ini, base station (BTS) 2G, 3G dan 4G yang sudah berfungsi dan dapat digunakan mencapai 1.728 BTS.

Saat ini, operator telekomunikasi seluler terus berupaya melakukan recovery terhadap BTS yang masih down atau terganggu dengan menyediakan mobile backup power (MBP) sembari menunggu pasokan listrik dari PLN.

Selain itu, penambahan personel teknisi di lapangan juga dilakukan dengan mengirimkan tim tambahan dari wilayah sekitar Sulawesi Tengah antara lain Makassar, Palopo, dan Poso untuk melakukan percepatan pemulihan BTS yang terganggu dan belum berfungsi.

Ketiga operator telekomunikasi juga memberikan sejumlah kemudahan berkomunikasi bagi warga di Palu dan Donggala yang terdampak gempa. Telkomsel memberikan telepon gratis 50 menit dan 200 SMS ke semua operator. Sementara XL Axiata juga memberikan layanan gratis untuk kontak ke semua operator dari Palu. Hal itu sebagai bentuk dukungan sektor telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi proses pemulihan pascabencana gempabumi di Sulawesi Tengah. (Icha)

Latest

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Yuk Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series

Telko.id - Di tengah gempuran konten menarik di media...

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini,...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini