Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Indosat Gelar Edu Connect Gathering

Telko.id – Banyak yang harus dipersiapkan oleh Indonesia menuju Revolusi industry 4.0. Salah satu yang penting adalah tenaga kerja. Indosat Ooredoo pun melanjutkan inisiatif untuk mendukung Indonesia menuju revolusi industri 4.0, Indosat Ooredoo mengadakan ajang Edu Connect Gathering dengan tema Empower Facilities towards Edu 4.0.

Acara yang dihadiri oleh 45 perguruan tinggi nasional ini, merupakan kelanjutan dari kerjasama Indosat Ooredoo dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia dalam penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk Indonesia Research & Education Network (IdREN).

Indonesia akan menghadapi revolusi industri 4.0 dimana persaingan akan semakin ketat dengan munculnya fenomena disruptive innovation yang ditandai dengan munculnya komputer super, kecerdasan buatan (artificial intelligence-AI), big data, dan robotic.

Menghadapi era tersebut, sektor pendidikan memiliki tantangan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang tidak akan tergantikan oleh teknologi, dan itu semua bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi lewat pemanfaatan teknologi.

Implementasi Edukasi 4.0 di sektor pendidikan menjadi keharusan untuk mengimbangi kebutuhan sumber daya di atas. Edukasi 4.0 berfokus kepada pengembangan IPTEK dan Inovasi. Hybrid/ Blended learning merupakan model pembelajaran Edukasi 4.0 yang memadukan penggunaan online digital media dan ruang kelas dengan memanfaatkan teknologi ICT.

“Kami menyadari pentingnya menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0, sebuah era teknologi dimana pekerjaan rutin dapat digantikan oleh teknologi. Lewat pemanfaatan teknologi digital, kami akan membantu perguruan tinggi mendapatkan akses teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan IdREN,” kata Herfini Haryono, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo.

Herfini menambahkan, “Kami berharap, Indosat Ooredoo bisa menjadi mitra yang tepat bagi perguruan tinggi dalam penyediaan solusi infrastruktur ICT dan solusi digital yang dibutuhkan setiap kampus.”

Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business, ingin menjadi mitra institusi pendidikan untuk mendukung kemajuan kualitas pendidikan Indonesia. Sumber daya yang dimiliki Indosat Ooredoo bisa digunakan untuk berbagi wawasan dan inovasi terbaru kepada para perguruan tinggi, memberikan Solusi ICT sebagai enabler pengembangan Edu 4.0, serta membantu advokasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia melalui pemanfaatan IdREN ke institusi pendidikan.

Sebelumnya, pada awal Agustus 2018, Indosat Ooredoo menjalin kerja sama dengan Kemenristekdikti RI dalam penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) tentang penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk Indonesia Research & Education Network (IdREN). IdREN merupakan suatu network tertutup (national closed user) bagi research sharing antar perguruan tinggi dengan kolaborasi bersama pihak pemerintah, industri, dan lembaga penelitian.

Pada kerjasama tersebut, Indosat Ooredoo akan menyiapkan koneksi antar universitas untuk dapat digunakan bersama-sama, sebagai sarana akses ke gate IdREN dan media saling berbagi resource serta hasil riset antar perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Tersedianya jaringan inter university dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan, kemudahan akses data antar lembaga Penelitian baik antar universitas, pemerintah, dan industri guna meningkatkan daya saing nasional dalam persaingan global.

IdREN juga terintegrasi dengan Network REN International seperti Singapore (SingaREN), Malaysia (MYREN), Australia (AARNet), dan lainnya. (Icha)

 

 

Latest

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Meriahkan Ramadhan, EZVIZ Luncurkan Tiga Produk Terbarunya

Telko.id - Bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) adalah momen...

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Hadirkan On-Device AI Lebih Ok!

Telko.id – Qualcomm hadirkan Snapdragon 8s Gen 3 Mobile...

Rekomendasi

Indosat Umumkan Pemenang Karya Festival Film Pendek SOS 2023

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hari ini menggelar ajang Anugerah Karya Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023 yang menjadi...

Selama Ramadan, Indosat Gelar Berkah Ramadan 2024

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui kampanye "Indosat Bersama Rayakan Indah Ramadan 2024” atau “Indosat Berkah...

Konsistensi Kualitas Jaringan Indosat Dapat Pengukuan OpenSignal

Telko.id - Jaringan milik Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali meraih pengakuan dari OpenSignal dalam kategori 'Consistent Quality' dan ‘Voice App Experience’ yang...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini