Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Axiata Bersama Holcim Buat Pelatihan Demi UMKM ‘Melek’ Digital

Telko.id – UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu ‘tulang punggung’ perekonomian Indonesia. Itu sebabnya, UMKM ini harus melek digital juga agar tidak terlibas. XL Axiata bersama Holcim Indonesia pun  berkomitmen untuk turut memajukannya degan membantu ebih dari 60 UMKM yang tersebar di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk bisa lebih maju dalam menjalankan bisnisnya.

Sesuai dengan bidang usahanya, XL Axiata memberikan dukungan antara berupa akses internet cepat dan sejumlah pelatihan untuk mendorong produktivitas UMKM tersebut. Implementasi kerjasama ini ditandai melalui sebuah pelatihan di Holcim Club House, Naragong, Kabupaten Bogor, Selasa (25/9).

“Kami sepakat bahwa di Indonesia, UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian, yang tidak saja telah membuka lapangan kerja, namun juga terbukti tangguh saat kondisi ekonomi kurang menguntungkan. Dengan bantuan teknologi digital yang tepat, kami yakin UKM bisa lebih maju dan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia ke depan,” kata Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.

“Kerjasama dengan kapasitasnya masing-masing bisa sharing resources sehingga saya yakin UMKM di Dapoer Sampireun di sini akan semakin sejahtera dengan kemampuan pemasaran digital yang mereka pelajari,” kata Edi Prajitno, GA & Community Relations Manager Holcim Indonesia Pabrik Narogong menjelaskan.

Lebih dari 60 UMKM yang mendapatkan dukungan dari program ini sebagian besar dimotori oleh para perempuan. Mereka terutama memproduksi produk kuliner, makanan kecil, hingga kerajinan tangan. Sebagian besar masih berupa usaha rumahan dengan skala penjualan yang relative masih kecil, dengan pemasaran yang terbatas. Meski demikian, sebagian lainnya telah mulai berhasil memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan layanan online dan e-commerce.

Untuk dukungan berupa internet cepat, XL Axiata memberikan akses gratis selama 1 tahun untuk pusat pembinaan UMKM bernama “Dapoer Sampireun”, yang mendapatkan dukungan program dari Holcim. Keberadaan internet cepat ini kemudian dimanfaatkan untuk antara lain untuk memasarkan produk lewat media sosial, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengembangan, sistem administrasi digital, serta akses bagi konsumen ke pusat UMKM.

Seluruh fasilitas yang diberikan bisa diakses oleh 240 UMKM lainnya yang terafiliasi dengan Dapoer Sampireun.

Selanjutnya, untuk pelatihan peningkatan bisnis, XL Axiata mengadopsi kurikulum yang sudah tersedia dalam Program Sisternet. Pelatihan yang diselenggarakan ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada para pengelola UMKM untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai keunggulan teknologi internet, ekonomi digital, serta potensi ekonomi di daerah mareka masing-masing.

Dengan teknologi digital, mereka bisa mengembangkan produk sendiri dan potensi daerah yang ada sehingga bisa menjadi lebih dikenal lebih luas. Teknologi digital akan membantu mereka untuk tujuan pemasaran dan promosi.

Untuk mendukung pemanfaatan teknologi digital tersebut, XL Axiata melalui Sisternet juga menyelenggarakan workshop kelas fotografi yang dimaksud untuk bagaimana teknik pengambilan foto produk dengan menggunakan ponsel. Workshop ini juga sesuai dengan kebutuhan para peserta agar bisa menghasilkan foto-foto produk yang bisa mendukung penjualan.

Kedua pihak saat ini sedang melakukan penjajakan untuk memperluas wilayah kerjasama ini di daerah lain di mana Holcim juga memiliki kelompok UMKM binaan yang membutuhkan dukungan untuk bisa memanfaatkan teknologi digital. (Icha)

 

 

 

Latest

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini