Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

ITU Resmikan Cybersecurity Strategy Guide Demi Keamanan Dunia Digital

Telko.id – Belum lama ini, Asosiasi industri Bitkom melakukan survey dan menyebutkan bahwa Dua-pertiga manufaktur Jerman ternyata terkena serangan kejahatan siber yang membuat industri negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini merugi 43 miliar euro (Rp 740,4 triliun). Dan negara-negara lain pun sangat mungkin mengalami hal yang sama.

Begitu ‘bahaya’ nya serangan di dunia digital ini membuat ITU (International Telecommunication Union pun mengeluarkan Panduan Strategi Cybersecurity Nasional. Peluncurannya ini dilakukan saat berlangsung nya International Telecommunication Union (ITU) Telecom World 2018 di Durban, Afrika Selatan.

“Panduan yang sangat berharga untuk strategi keamanan cyber ini sebagai bukti komitmen ITU untuk selalu mendukung negara-negara anggotanya untuk memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembangunan sosial dan ekonomi,” kata Zhao Houlin, Sekretaris Jenderal ITU, Zhao Houlin, seperti yang dikutip dari ET Telecom.

Zhao menambahkan, “Ketika kami bekerja sama untuk membawa lebih banyak orang online di seluruh dunia, sangat penting untuk menerapkan strategi cybersecurity yang efektif”.

Panduan tersebut merupakan hasil rembukan ITU dengan PBB, sektor swasta, akademisi, masyarakat sipil. Tujuannya adalah untuk membantu negara-negara dalam pengembangan dan implementasi strategi keamanan siber nasional, termasuk kesiapsiagaan dan ketahanan cyber.

Dalam panduan ini juga dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan untuk mengembangkan strategi dengan mempertimbangkan situasi, budaya, dan nilai-nilai kemasyarakatan negara-negara yang berbeda untuk menghasilkan masyarakat yang aman, tangguh, berkemampuan TIK dan terhubung.

Wakil Presiden Senior dan Penasihat Umum Bank Dunia, Sandie Okoro, menekankan perlunya memiliki strategi ketahanan untuk menjaga cybersecurity.

“Mengamankan aset digital – data dan infrastruktur – adalah tantangan pembangunan yang penting. Kami senang dapat berkontribusi dalam proyek ini, dan berharap bahwa panduan ini akan berkontribusi pada partisipasi yang lebih besar dalam ekonomi digital global untuk semua,” kata Okoro. (Icha)

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Meriahkan Ramadhan, EZVIZ Luncurkan Tiga Produk Terbarunya

Telko.id - Bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) adalah momen yang penuh berkah dan kebersamaan. Untuk merayakan semangat Ramadhan yang penuh cinta dan keharmonisan, EZVIZ...

Dukung Indonesia Emas 2045, BCA Hadirkan SYNRGY Academy Batch 7

Telko.id - Bank Central Asia bekerja sama dengan platform edutech BINAR menggelar SYNRGY Academy batch ke-7, sebuah program corporate social responsibility (CSR) berupa beasiswa...

Mulai April 2024 , Lenovo Indonesia Hadirkan Laptop Generasi Terbaru

Telko.id - Lenovo Indonesia akan mengumumkan jajaran produk terbarunya, mulai dari laptop konsumen hingga laptop enterprise. Ini juga termasuk kehadiran ThinkStation P8, Thinkbook 14...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini