Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Jualan Obligasi dan Sukuk Ijarah Buat Perluas Jaringan Di Luar Jawa

Telko.id – XL axiata mengakui bahwa revenue dari penjualan layanan di luar jawa belum besar, tetapi pertumbuhan nya sangat signifikan. Itu sebabnya, operator ini akan secara konsisten memperluas infrastruktur data terutama di luar Jawa. Untuk itu dibutuhkan rencana pendanaan yang solid. Dan yang dipilih adalah Jualan Obligasi dan Sukuk Ijarah.

Penawaran awal atau bookbuilding dua program penawaran umum baru untuk Obligasi (“PUB I Obligasi”) dan Sukuk Ijarah (“PUB II Sukuk”) baru saja dimulai. Keduanya adalah Penawaran Umum Berkelanjutan (“PUB”) dengan target dana masing-masing sebesar Rp5 triliun.

Sampai dengan hari ini, PUB II Sukuk Ijarah tersebut merupakan program PUB Sukuk Ijarah dengan target dana terbesar yang akan diterbitkan oleh korporasi sepanjang tahun 2018.

Pada bookbuilding kali ini, XL Axiata akan menawarkan PUB I Obligasi Tahap I Tahun 2018 (“Obligasi”) dan PUB II Sukuk Ijarah Tahap I Tahun 2018 (“Sukuk”) kepada masyarakat, dengan nilai penerbitan masing-masing sebanyak-banyaknya Rp1 triliun untuk Obligasi dan Sukuk.

Harapannya, dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi dan Sukuk Ijarah ini dapat mencapai Rp.10 triliun dalam waktu 2 tahun. Hanya saja, pada tahun ini nilai dari total plaform yang diterbitkan senilai Rp.2 triliun.

Sayang, XL tidak mau lebih detail menerangkan penggunaan dana yang diperoleh tersebut. Berapa persen untuk luar Jawa dan berapa di Jawa. Pasalnya, bukan hanya luar Jawa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan infrastruktur tersebut. Jawa pun masih membutuhkan.

Namun, pertumbuhan pendapatan diluar Jawa ini dinilai oleh Dian Siswarini, Direktur Utam XL Axiata sangat menggembirakan. Walaupun, jika dibandingkan dengan total revenue perusahaan masih kecil. Baru sekitar 15% saja kontribusinya. Itu sebabnya, operator ini juga akan terus secara signifikan berkomitmen untuk membangun infrastruktur.

“Kami ingin unggul dalam layanan data dengan target segmen pasar yang berbeda-beda, dulu bangun jaringan sudah kami mulai 2 tahun yang lalu dan memang berhasil kontribusi kepada pendapatan semakin tinggi,” ujar Dian di XL Axiata Tower, Kamis (13/9/18).

Dengan peningkatan kualitas jaringan dan layanan jaringan terutama di luar Pulau Jawa, XL menargetkan net to EBITDA ratio pada tahun ini mencapai 1,4 kali. Nilai tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2017 yakni 1,5 kali.

Selain untuk terus fokus dalam pengembangan bisnis layanan data, Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan menyatakan bahwa ,”PUB Obligasi dan Sukuk Ijarah yang baru, akan memberikan salah satu alternatif pendanaan serta memungkinkan kami untuk membangun portofolio hutang yang lebih kuat”.

Dan, tentu saja, perseroan berharap pertumbuhan pendapatan tahun ini meningkat  seiring dengan peningkatan pendapatan data yang akan diraih perseroan.

Pada semester I tahun ini, perseroan mencatat peningkatan pendapatan data year on year (YoY) menjadi Rp 5,68 triliun. Sedangkan pendapatan bersih pada periode tersebut naik tipis 1% menjadi Rp 11,06 triliun. (Icha)

Latest

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan...

Jelajahi Keajaiban AI Eraser & AI Smart Image Matting di Oppo Reno11 F 5G

Telko.id - Oppo bersama grup K-Pop populer BSS (Seventeen)...

Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Telko.id - Telkomsel melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR)...

Rahasia Samsung Bertahan 15 Tahun di Peringkat Satu Global Signage

Telko.id - Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan prestasinya sebagai...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini