Wednesday, November 21, 2018

Go-Viet, Berkat Dukungan Teknologi Go-Jek Siap Rambah Hanoi

Telko.id – GO-VIET, aplikasi on demand yang menawarkan berbagai layanan yang didukung oleh GO-JEK siap untuk mengembangkan layanannya ke Vietnam. Setelah Ho Chi Minh City, kini masuk ke kota kedua di Vietnam yakni Hanoi. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, hari ini, Rabu (12/09/2018) mendampingi Presiden Joko Widodo dalam menyaksikan peluncuran layanan Go-Viet di Hanoi, Vietnam.

Layanan ojek online ini memang dibutuhkan di kota besar seperti Hanoi. Yang padat dan keseharian masyarakat nya begitu sibuk. Tak heran, berdasarkan laporan Go-Jek, aplikasi Go-Viet pun ketika awal peluncuran di Ho Chi Minh City, langsung diunduh oleh 1.5 juta pengguna. Itu sebabnya, tidak perlu menunggu waktu lama, langsung membuka layanan di Hanoi.

Dalam kesan yang disampaikan melalui akun twitternya setelah peluncuran, Menkominfo Rudiantara menyatakan kebanggaannya terhadap peluncuran Go-Viet.  “Peristiwa ini karena sebelumnya, pada “ruang digital”, Indonesia praktis belum mempunyai “legacy”. Semoga momen ini tak berhenti di sini, memicu legacy-legacy lainnya di ranah digital,” harapnya.

Menkominfo juga melihat bahwa Go-Viet merupakan pembuktian kepada dunia bahwa Bangsa Indonesia memiliki kesempatan untuk berkompetisi dengan negara maju sekalipun.

“Cakrawala pandang terhadap pasar jadi lebih luas terbentang. Go-jek mampu melihat peluang tersebut sekaligus mampu mengeksekusinya. Semoga langkah Go-jek menjadi pelecut dan inspirasi bagi teknopreneur di Indonesia, bahwa mereka juga akan mampu jika jeli dan berusaha keras,” ungkapnya

Menteri Kominfo menyatakan pemerintah akan selalu memfasilitasi start up digital atau unicorn Indonesia untuk mengembangkan bisnis di tingkat nasional maupun global. “Kominfo akan senantiasa memfasilitasi start up atau unicorn Indonesia lainnya untuk go regional dan go global,” katanya.

Selama ini, Kementerian Kominfo telah melaksakana Program Gerakan 1000 Startup dan Nexticorn. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan yang difasilitasi Kominfo untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sementara itu, Program Nexticorn atau Next Indonesian Unicorn adalah Program Kementerian Kominfo yang berupaya untuk menciptakan marketplace yang lebih terstruktur dan tertata bagi para start-up untuk bertemu investor dalam memperoleh pendanaan.

Sebagi informasi, peluncuran Go-Viet ini merupakan bagian dari rencana ekspansi internasional GO-JEK di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Pengumuman ekspansi ini menyusul ronde penggalangan investasi GO-JEK yang terbaru dari Google, Warburg Pincus, KKR, Tencent, Meituan-Dianping dan lain-lain. (Icha)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…