Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Rangsang Minat Baca, Telkomsel Luncurkan T-Perpus

Telko.id – Sedih mengetahui minat baca buku orang Indonesia rendah. Lebih rendah dibandingkan dengan tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Indonesia berada di urutan negara ke-60 dari total keseluruhan 61 negara, berdasarkan studi dari Central Connecticut State University di tahun 2016.

Dalam data UNESCO, hanya 0,01% atau hanya 1 orang dari 10.000 saja yang berminat membaca di Indonesia ini. Padahal, dengan banyak membaca banyak pula informasi yang diperoleh dan menjadi salah satu cara untuk Indonesia maju.

Hal ini juga yang mendasari Telkomsel dalam program Corporate Social Responsibility Nya meluncurkan  Aplikasi T-PERPUS. Hasil kerjasama dengan Gramedia  Digital Nusantara (GDN).

 “T-PERPUS merupakan sebuah bentuk kolaborasi Telkomsel dengan GDN untuk pendidikan Indonesia, yang dihadirkan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia,” kata Irfan A Tachrir, Direktur Human Capital Management Telkomsel menjelaskan dalam peluncuran aplikasi digital T-PERPUS di Jakarta (20/08).

Irfan menambahkan bahwa “Dengan aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dengan menyesuaikan gaya hidup digital masa kini, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak muda Indonesia”.

Bayangkan, jika harus membangun perputakaan fisik, dengan ratusan ribu kabupate, tentu sangat besar investasi yang harus ditanamkan. Sedangkan dengan aplikasi T-PERPUS ini dapat menjangkau lebih jauh dan lebih banyak lagi karena dapat diakses melalui device masing-masing orang. Wilayah yang dijangkau pun pasti lebih luas. “Seluas jaringan Telkomsel yang berada di seluruh Indonesia,” tambah Irfan.

Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara Adi Ekatama mengungkapkan, “Suatu kehormatan bagi kami bisa membantu Telkomsel dalam mempersiapkan aplikasi T-PERPUS. Harapan kami tentunya agar aplikasi ini bisa memberi manfaat bagi banyak orang, dan kolaborasi kami dengan Telkomsel ini bisa menjadi awal dari kolaborasi kita selanjutnya, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadi akselerator dari kemajuan Indonesia.”

“Kami juga pernah mengadakan survei kecil-kecilan, dan kami temukan, orang Indonesia tidak minat baca karena harga nya mahal. Begitu kami berikan diskon besar, ternyata minat membeli buku menjadi membludak,” ujar Kelvin Wijaya Managing, Director Gramedia Digital Nusantara.

T-PERPUS merupakan platform aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat khususnya komunitas di sekolah dalam mengakases informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kategori buku, majalah dan koran yang menarik, dan dapat digunakan pada  platform IOS atau Android kapanpun dan dimanapun.

Telkomsel memberikan 5000 akses user tanpa biaya, yang akan disebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di tahap awal Telkomsel memberikan 1000 user di Universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan jumlah konten buku lebih dari 3000 dengan 69 kategori. Secara periodikal program T-PERPUS akan rilis di daerah-daerah selanjutnya. (Icha)

 

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali merilis hasil riset Ramadan Insight 2024 yang dapat dijadikan panduan bagi para pelaku bisnis. Targetnya agar...

Telkomsel Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 15,22% Saat RAFI 2024

Telko.id - Telkomsel juga berupaya memastikan kenyamanan komunikasi dan kebutuhan gaya hidup digital pelanggan saat RAFI (Ramadan dan Idul Fitri) 2024 ini. Termasuk untuk...

Telkomsel Gelar Program ‘Telkomsel Sambungkan Senyuman’ Selama RAFI 2024

Telko.id – Sebagai upaya menciptakan dan menggerakkan dampak sosial dan lingkungan secara inklusif dan berkelanjutan selama momen RAFI 2024, Telkomsel melangsungkan inisiatif filantropi “Telkomsel...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini