Wednesday, November 21, 2018

Menkominfo ‘Jajal’ Mobil Tanpa Awak Di GBK

Telko.id – Menkominfo, Rudiantara hari ini sempat ‘jalan-jalan’ menggunakan Autonomous Car atau mobil tanpa awak. Kendaraan seperti ini yang digadang-gadang bakal menjadi salah satu yang dapat mendorong 5G sukses karena dapat bergerak tanpa awak dan tidak akan menabrak karena sudah dilengkapi juga dengan sensor.

Hendra Wiradi – Telset

Telkomsel adalah operator yang memamerkan kendaraan tanpa awak ini dalam Telkomsel 5G Experience Center yang diadakan di Gelora Bung Karno selama Asian games 2018 berlangsung. Berdasarkan pengamatan Telko.id, kendaraan berbentuk bus tanpa sopir itu memiliki delapan kursi dan tergantung empat pasang pegangan untuk penumpang yang akan ikut naik kendaraan ini sambil berdiri.

Hendra Wiradi – Telset

Dibagian tengah terdapat terlihat monitor ukuran besar yang akan menampilkan video yang ditayangkan oleh Telkomsel. Nantinya, kendaraan ini akan berkeliling GBK selama Asian Games 2018 sambil membawa pengunjung yang akan mencoba.

Selain bus tanpa sopir, pengalaman 5G dari Telkomsel ini bisa diimplementasikan melalui teknologi Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere, dan Autonomous Bus yang dapat dijajal langsung masyarakat.

Dalam uji coba 5G ini, Telkomsel menggunakan spektrum yang ditawarkan Kemkominfo, yakni 2.8GHz. “Spektrum ini merupakan standard yang dikeluarkan oleh International Telecommunication Union ( ITU). Selain itu, spectrum yang akan diperuntukan untuk 5G ini adalah 3.5GHz, tapi masih banyak dipakai untuk satelit,” ucap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika di GBK, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Telkomsel 5G Experince Center yang digelar pada area Asian Games 2018 ini demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bangsa sejalan dengan upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0. Melalui teknologi 5G, Telkomsel akan menghadirkan berbagai revolusi industri yang akan memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang.

“Mengetahui bahwa teknologi ini merupakan sebuah revolusi yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas, Telkomsel memperkenalkan teknologi ini untuk pertama kalinya di Telkomsel 5G Experience Center guna memberikan ilustrasi seperti apa implementasi teknologi 5G di masa depan, selama perhelatan Asian Games 2018, di Jakarta”, ungkap Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel saat peresmian Telkomsel 5G Experience Center. (Icha)

 

 

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…