Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Ini dia, Vendor Teknologi Asal Bandung

 

Telko.id – Tidak seperti vendor kelas dunia seperti Ericsson, Nokia Network, Alcatel-Lucent, Huawei atau ZTE yang namanya sering disebut-sebut oleh para operator di Indonesia. Hariff Daya Tunggal Engineering yang 100% digawangi oleh anak negeri ini malah sering tidak dipercaya karena memang tidak ada orang asing nya atau ‘bule’. Padahal, cukup banyak hasil karya nya yang digunakan oleh para operator Indonesia maupun industri dalam negeri lainnya.

“Kami sudah berdiri sejak 1982 dan bermain di industri komunikasi Indonesia,” ujar Budi Permana, Presiden Director Harriff Daya Tunggal Engineering menjelaskan.

Visinya adalah ikut membangun negeri dengan penguasaan teknologi yang mandiri, memimpin pasar teknolgi system caturdaya atau Power di industry telekomunikasi, menjadi perusahaan industri dalam negeri di bidang pertahanan dan menjadi pionir di bidang rekayasa indusri telematika yang benar-benar fokus dan konsisten dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam negeri) dengan menghasilkan produk yang memimpin pasar dalam Power System, Mobile Telecom Tower, Broadband Wireless Access dan Network Monitoring System.

Perusahaan yang pernah mendapatkan anugerah Upakarti dari Presiden tahun 2008 tentang Pioneer in Technology and Indonesia Good Design Selestion (IDGS) itu juga pernah membantu pemerintah dalam menyelamatkan Satelit Palapa yang hilang dari kendali dan monitoring pada tahun 1985 dengan membuat produk Satellite Auto Tracking.

Produk yang dihasilkan oleh Hariff juga sudah banyak dan digunakan oleh perusahaan komunikasi di Indonesia waktu itu yakni Telkom. Kemudian juga turut berkembang dengan industri komunikasi dan masuk ke industri telekomunikasi. Mungkin masih ingat ketika tahun 2013, saat MTQ Nasional akan diadakan di kota Palembang. Dengan kondisi jaringan pada saat itu, tidak memungkinkan telekomunikasi akan berjalan lancar karena kapasitas yang ada tidak memungkinkan. Lalu, Hariff dipanggil oleh direktur perusahaan telekomunikasi nomor satu di Indonesia itu untuk diskusi masalah tersebut. Dan tercetuslah ide Mobile Transponder. Waktu itu belum disebut sebagai mobile BTS. Hariff pun kemudian membuatkan nya. “Dulu bentuk nya belum se simple saat ini. Masih cukup besar. Tapi sudah mampu memberikan solusi pada Telkomsel pada saat itu,” ujar Budi Permana menjelaskan.

Hariff juga turut menyediakan solusi bagi operator telekomunikasi Indonesia ketika masalah pencurian dari site BTS marak. Hariff mampu memberikan solusi dalam bentuk produk yang mampu mengirimkan data-data dari site BTS ke pusat kendali operator tentang kondisi di setiap site. Mulai dari pintu ada yang membuka tanpa ijin sampai pencurian yang asset di site.

Hariff juga mampu melakukan pengacakan terhadap telepon selular sehingga tidak mampu di sadap. “smartphone boleh terlihat sama dari luar, tapi dalam nya sudah kami acak-acak,” ujar Budi Permana menjelaskan. Hanya saja memang, untuk produksi smartphone sendiri Hariff masih tersandung jumlah yang masuk dalam skala ekonomi. Jadi, jika ada permintaan saja, baru melakukan produksi.

Hariff saat ini khawatir Indonesia hanya menjadi sasaran empuk dari teknologi luar negeri saja. Yang arti nya, orang luar negeri dengan mudah melacak dan membaca semua kegiatan masyarakat Indonesia. Semua ini disebabkan karena Indonesia tidak memiliki system pertahanan terhadap teknologi dari luar itu sendiri. Yang sebenarnya, bisa saja dilakukan dan dikembangkan oleh anak negeri tanpa perlu campur tangan dari vendor luar. Sayang, semua itu masih perlu perjuangan karena Hariff masih belum mendapat dukungan penuh dari pemerintah untuk visi tersebut.

Ke depan, Hariff memiliki cita-cita untuk mencapai kemandirian, kedaulatan Teknologi system pertahanan Negara. Dengan demikian, rahasia Indonesia tidak menjadi konsumsi Negara lain untuk menjadikan ibu pertiwi ini sebagai pasar saja.

Hasil Karya Hariff selama 33 Tahun:

1984              HD400 Single Channel Radio Telephone

1986              TDMA Sistem Komunikasi Satelit Digital

1990            APSys Anti Pararel Telepon Umum Kartu

1993             HiLINE 216 Digital Radio Microwave

1994             Boothline 2000 Sistem Warnet

1996             E2733 Series Modular Switching Power Syatem

1998             ScanLine201 Sistem SCADA Jaringan Listrik

2000             LockLine2000 Sistem Komunikasi Data & Suara Lokomotif

2002             Flexline301 Sistem Flexible Digital Multiplexer

2004             SIMON Sistem Monitoring Supervidory Catudaya (Power)

2006             WiMax 802 16d Sistem Komunikasi Broadband wimax tipe D

2007             LUSYTA Sistem Caturdaya Hybrid (Hybrid Power System)

IP Radio Sistem Komunikasi Radio basis IP

2009             PJU Sistem Lampu Jalan Raya Solar Panel

MaxLife MF NICD Battery

2010             MPB Mobile Power Bank

2012             BMS – Battle Management System untuk kendaraan Taktis dan Tempur (Beta version)

2013             WiMAX 802.16e Sistem Komunikasi broadband wimax tipe e

BMS – Battle Management System untuk kendaraan Taktis dan Tempur (Production Version)

2014             SENA POSKO Sistem Aplikasi Militer Latihan Geladi Posko dan Posko (Icha)

 

 

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini