Wednesday, September 26, 2018

Xiaomi Tegaskan Mereka Bukan Perusahaan Smartphone!

Telko.id, Jakarta – Pengguna Xiaomi di Indonesia mungkin mengira jika perusahaan asal China tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di industri smartphone saja.

Namun sebenarnya, Xiaomi bukanlah perusahaan smartphone seperti yang dibayangkan, melainkan sebagai perusahaan internet.

“Logo Xiaomi itu ‘Mi’, yang bisa diartikan sebagai Mobile Internet. Xiaomi adalah perusahaan internet,” tegas Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, saat ditemui dalam diskusi media, di Jakarta, Rabu (11/07/2018).

Menurutnya, hal tersebut karena bisnis Xiaomi pertama kali bergerak di sektor internet dan teknologi, tepatnya saat mereka mengembangkan MIUI. Seperti diketahui, MIUI pada awalnya merupakan custom ROM yang kerap digunakan beberapa pengguna perangkat Android kala itu.

“Saat ini, MIUI sudah dijalankan oleh lebih dari 190 juta pengguna dengan rata-rata penggunaan selama 4,5 jam per harinya,” jelas Steven.

Selain mengembangkan MIUI, Xiaomi juga bergerak di model bisnis lainnya yakni e-commerce dengan layanan MIUI.com. Sebelum menjadi e-commerce untuk menjual seluruh produknya, saat itu layanan tersebut merupakan sarana bagi pengguna untuk saling bertukar mod bagi smartphone Android.

Kemudian, Xiaomi pun masuk ke ranah bisnis lainnya yang bisa dibilang langsung mempopulerkan nama Xiaomi, yakni smartphone.

“Xiaomi itu perusahaan spesies baru dengan tiga model bisnis sekaligus,” klaimnya.

Meski begitu, Steven juga mengatakan bahwa Xiaomi juga tak hanya memproduksi smartphone saja, tapi juga perangkat keras lainnya. Seperti skuter, robot pembersih, sepeda, dan lainnya, termasuk perangkat Internet of Things (IoT).

Xiaomi adalah salah satu perusahaan IoT terbesar di dunia. Kami punya lebih dari 100 juta perangkat IoT yang terhubung di aplikasi Mi Home,” pungkasnya. (FHP)

Sumber : Telset

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…