Monday, July 16, 2018

Robot Cheetah yang Bisa Lompat dan Naik Tangga

Telko.id, Jakarta – Massachusetts Institute of Technology mengembangkan robot berbentuk hewan mirip cheetah. Robot yang diberi nama Cheetah 3 ini bisa melompat menghindari rintangan dan menaiki tangga tanpa kamera penglihatan.

Menurut TechCrunch, Sabtu (7/7/2018), robot seberat 40 kilogram itu dilengkapi algoritma baru yang membantu navigasi. Robot Cheetah 3 mampu menaiki tangga, melompat ke atas meja setinggi 76 sentimeter.

Robot Cheetah 3 tidak memiliki kamera atau sensor on-board visual. Ia menggunakan algoritma dan sensor khusus untuk memberi rasa ketika berjalan menaiki tangga. Ia berjalan tanpa melihat jalan.

Seorang peneliti, Sangbae Kim, mengemukakan, apabila terlalu bergantung kepada teknologi mesin untuk membantu pengelihatan, robot justru akan berjalan lambat. Bisa-bisa, robot malah akan tersandung.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

“Teknologi mesin tidak akurat. Karenanya, kami memilih mengandalkan informasi sentuhan. Dengan begitu, robot bisa melewati rintangan sambil bergerak cepat,” tambah Kim.

Algoritma robot Cheetah 3 mampu mendeteksi kontak dan kontrol model prediktif yang membantu menambah keseimbangan. Peneliti juga menambah kemampuan posisi kaki saat robot menaiki tangga.

Baca juga: RoboFly, Robot Lalat Canggih Bertenaga Laser

Kemampuan yang dimiliki robot Cheetah 3 bakal berguna untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan orang. Robot Cheetah 3 dirancang untuk memasuki area-area yang terlalu berbahaya bagi manusia. [SN/HBS]

Sumber : Telset

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…