Wednesday, September 26, 2018

Samsung Kembangkan Teknologi Sensor Sidik Jari Fleksibel

Telko.id, Jakarta – Artikel yang diterbitkan oleh Nature Communications mengungkapkan bahwa sekelompok peneliti telah mengembangkan teknologi sensor sidik jari yang fleksibel dan transparan. Sensor itu nantinya dapat dipasangkan pada layar smartphone.

Yang menarik, sensor sidik jari tersebut juga dirancang untuk mendukung kemampuan mengukur tekanan serta suhu penggunanya. Dilansir dari TechRadar, Jumat (06/07/2018), para peneliti yang mengembangkan susunan sensor sidik jari di smartphone berasal dari Samsung Display-UNIST Center di Ulsan National Institute of Science and Technology, Korea Selatan.

Menurut para ilmuwan, sebagian besar sensor sidik jari kapasitif yang sekarang digunakan di berbagai smartphone cenderung buram. Komponen tersebut juga harus disembunyikan di bawah bezel, di bawah tombol home, atau bagian belakang smartphone.

Merujuk kepada makalah penelitian yang dirilis, sensor yang dikembangkan oleh para ilmuwan itu bisa diintegrasikan dengan semua bentuk transparan dari sensor tekanan dan sensor suhu kulit manusia.

Dengan demikian, sensor memungkinkan untuk mendeteksi jari pengguna saat menekan layar smartphone. Konsep ini juga bakal membantu pengguna terhindar dari pejahat siber yang berupaya untuk membajak smartphone mereka menggunakan sidik jari buatan.

Baca Juga: Wow! Layar Smartphone akan Terbuat dari Berlian

“Untuk mencegah pemalsuan sidik jari menggunakan sidik jari buatan, suhu kulit jari manusia dapat dideteksi menggunakan sensor suhu untuk membedakan sidik jari nyata dan palsu. Itu meningkatkan tingkat keamanan lebih lanjut,” jelas para peneliti, di dalam artikelnya.

Baca Juga: Samsung Pasok Panel OLED Untuk Smartphone Huawei

Sayang, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai komponen lengkap yang mendukung kinerja sensor itu. Karena dikembangkan langsung oleh peneliti Samsung, bisa jadi sensor ini akan dipakai di seri smartphone terbaru yang dikeluarkan oleh Samsung pada masa mendatang. (SN/FHP)

Sumber : Telset

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…