Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Juga Ingin Tambahan Blok di Spektrum 2.1 Ghz

Telko.id – Seperti diketahui saat ini pemerintah sedang mempersiapkan proses alokasi dua blok yang tersisa pada frekuensi 2.1 Ghz yang rencananya akan digunakan untuk proses Carier Agregation.

Sebagai Informasi, dua blok yang tersisa kini diperebutkan oleh 4 operator yakni, Huchtison Tri, XL Axiata, Indosat Oreedo serta Telkomsel.

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa Telkomsel lah yang memiliki peluang paling besar untuk mendapatkan pengalokasian dari blok 11 dan 12 ini. Pada frekuensi 2.1 Ghz sendiri terdapat 12 Blok yang lebar spektrumnya masing-masing 5 Mhz dengan total 60 Mhz.

Namun, pihak XL yang berhasil diwawancarai oleh tim Telko.id mengungkapkan keinginan mereka untuk mendapatkan tambahan blok tersisa ini.

Dian Siswarini, CEO XL Axiata mengungkapkan, “Untuk operator spektrum itu merupakan modal yang paling besar, jadi kalau bisa mendapatkan ya sebanyak banyaknya  dan kalau ditawarkan kami pasti ingin mendapatkannya,” tuturnya saat ditemui di salah satu Hotel mewah di Jakarta Pusat.

Dian menambahkan bahwasanya mereka lebih menginginkan untuk proses alokasi dilakukan secara lelang dikarenakan permasalahan kesiapan mereka.

Sebagai informasi, XL saat ini memiliki 3 Blok di frekuensi 2100 Mhz dikarenakan 2 blok milik Axis telah dikembalikan ke pemerintah.

Berbicara mengenai kemungkinan terjadinya proses refarming di frekuensi ini, Dian menyebutkan refarming sendiri sejatinya tergantung nanti siapa yang akan mendapatkan dua blok tersebut, namun Ia mengungkapkan bahwa XL sudah “Jago” untuk urusan refarming.

Sementara itu, untuk rencana kedepan terhadap frekuensi 2100 Mhz, saat ini ftekuensi tersebut masih digunakan untuk mengaliri jaringan 3G, namun akan sangat mungkin bila menggunakan layanan 4G LTE serta Carier Agregation.

Mengenai kapan akan dilelang, pihak XL menyerahkan semuanya kepada pemerintah dan mengaku belum tahu mengenai kapan waktu pastinya. Tergantung pemerintah, harus banyak melakukan penyusunan kembali.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini