Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Awas, Roaming Mantis Mulai Menyerang Smartphone iOS

Telko.id – Telah dilaporkan sebelumnya bahwa para peneliti dari Kaspersky Lab menemukan malware Android baru yang menyusupi router dan menggunakan metode pembajakan domain name system (DNS) untuk menyeberang menginfeksi smartphone. Malware ini kebanyakan menarget kawasan Asia, setelah satu bulan ancaman ini berkembang dengan cepat dan memperluas target kawasannya termassuk ke Eropa dan Timur Tengah.

Kini diketahui malware ini juga menyerang perangkat berplatform iOS dan melakukan penambangan kripto. Malware yang disebut dengan Roaming Mantis ini mencuri informasi pribadi pengguna dan memungkinkan pengambilalihan kontrol perangkat. Para ahli mengungkapkan kelompok berbahasa Korea atau Cina yang berada di belakang operasi ini bermotivasi mencari keuntungan finansial.

Penelitian awal Kaspersky Lab menemukan sekitar 150 target, terutama di Korea Selatan, Bangladesh, dan Jepang. Namun temuan tersebut juga menunjukkan adanya ribuan koneksi ke server pelaku setiap harinya sehingga mengindikasikan serangan dalam skala lebih besar. Perluasan serangan juga terlihat dari jumlah bahasa yang dipakai untuk menampilkan pesan di smartphone “To better experience the browsing, update to the latest chrome version.” Dari hanya empat bahasa juga, sekarang mencapai 27 bahasa termasuk Melayu, Polandia, Jerman, Arab, Bulgaria dan Rusia.

Malware kini juga berkembang tidak hanya menyerang platform Android saja. Jika malware menyusupi smartphone berplatform iOS, maka pelaku akan mengarahkannya ke situs web yang bertemakan Apple. Selain itu juga ditemukan pengarahan ke situs berbahaya dengan kemampuan penambangan kripto. Pengamatan Kaspersky Lab menunjukkan bahwa setidaknya satu gelombang serangan dengan cakupan lebih luas telah terjadi bahkan tercatat lebih dari 100 target di antaranya adalah pelanggan Kaspersky Lab diserang dalam beberapa hari saja.

“Ketika pertama kali kami melaporkan adanya Roaming Mantis pada bulan April lalu, kami mengatakan bahwa ini merupakan ancaman yang aktif dan dinamis. Bukti baru menunjukkan perluasan targetnya yang memasuki Eropa dan Timur Tengah, dan masih banyak lagi. Kami percaya bahwa para pelaku mencari keuntungan finansial dan terdapat petunjuk bahwa pelaku  berbahasa Cina atau Korea. Jelas terdapat motivasi yang cukup besar di balik ancaman ini, sehingga ancaman ini tidak akan hilang dalam waktu yang singkat.

Terinfeksinya router dan pembajakan DNS menunjukkan betapa kebutuhan akan perlindungan perangkat dan penggunaan koneksi yang aman sangat diperlukan” kata Suguru Ishimaru, Security Researcher di Kaspersky Lab Jepang.

Temuan Kaspersky Lab menunjukkan bahwa pelaku di balik Roaming Mantis ini menyerang celah keamanan router dan selanjutnya mendistribusikan malware melalui trik sederhana yang efektif dengan membajak pengaturan DNS dari router tersebut. Metode bagaimana serangan terhadap router dilakukan belum diketahui.

Setelah DNS berhasil dibajak, maka aktifitas online yang dilakukan para korban akan selalu diarahkan ke URL dengan konten palsu yang berasal server pelaku. Akan muncul pesan berikut di layar smartphone: “To better experience the browsing, update to the latest chrome version.” Dengan mengklik tautan tersebut,  maka aplikasi Trojan bernama “facebook apk” atau “chrome apk” akan terinstalasi secara otomatis

Malware Roaming Mantis ini memeriksa apakah perangkat di-root dan meminta izin notifikasi dari setiap aktifitas komunikasi atau browsing yang dilakukan pengguna, Malware ini mampu mengumpulkan bermacam-macam data, termasuk kredensial untuk dua faktor otentifikasi.

Ketertarikan pelaku terhadap pengumpulan data ini  Ditemukannya pengumpulan data yang berhubungan dengan mobile banking dan aplikasi game di Korea Selatan mengindikasikan adanya motif keuangan di operasi ini.

Produk Kaspersky Lab mendeteksi ancaman Roaming Mantis sebagai ‘Trojan-Banker.AndroidOS.Wroba’, dan penambang kripto sebagai ‘Dangerous URL blocked’.

Untuk melindungi koneksi internet Anda dari infeksi ini, Kaspersky Lab merekomendasikan  beberapa langkah. Pertama, Lihat panduan pengguna router untuk memverifikasi bahwa pengaturan DNS Anda belum diretas, atau hubungi ISP untuk mendapat bantuan.

Kedua, ubah login dan kata sandi pada web admin router dan perbarui firmware router secara rutin dari sumber resmi.

Ketiga, jangan pernah menginstal firmware router dari sumber pihak ketiga. Hindari menggunakan repositori pihak ketiga untuk perangkat Android Anda.

Ke empat, selalu periksa alamat situs web yang Anda akses. Untuk memastikan keabsahannya, carilah tanda seperi “https” ketika diminta untuk memasukkan data.

Ke lima, pertimbangkan untuk memasang solusi keamanan seluler, seperti Kaspersky Internet Security untuk Android. Solusi ini dapat melindungi perangkat Anda dari ancaman siber dan berbagai kejahatan dunia maya lainnya. (Icha)

 

 

Latest

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk HarmonyOS

Telko.id - Huawei makin serius mendorong terbangunnya kolaborasi dengan...

Kolaborasi Qualcomm dan Meta Optimalkan AI Llama 3 di Snapdragon

Telko.id - Qualcomm Technologies, Inc. dan Meta mengumumkan kolaborasi...

Gajian Tiba, realme 12 Series 5G Pas Jadi Pilihan

Telko.id - Pada pekan gajian kali ini, anak muda...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini