Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ini Dia Strategi XL Hadapi Dampak Negatif Usai Registrasi Prabayar

Telko.id, Tanjungpinang – Program registrasi prabayar yang dicanangkan oleh pemerintah sebentar lagi memasuki fase pemblokiran layanan total yakni pada 1 Mei 2018. Di mana pelanggan yang belum teregistrasi tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, serta tidak dapat menggunakan layanan data internet.

Dengan adanya pemblokiran ini tentu ada pengurangan jumlah pelanggan dan diperkirakan akan mengurangi juga perolehan revenue dari operator. Untuk itu, perlu ada strategi khusus agar dapat mengurangi dampak terhadap pendapatan tersebut.

“Berdasarkan referensi dari Negara lain yang melakukan registrasi, ada yang namanya impact jangka pendek. Impact ini tidak seterus, hanya akan berlangsung selama 6 bulan sampai satu tahun, ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata menjelaskan usai pemaparan kesiapan jaringan XL untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018.

Menurut Dian, dampak yang akan terjadi adjustment jumlah pelanggan. Kenapa terjadi, bisa jadi dikarenakan adanya perubahan behavior dari pelanggan. Yang tadinya, senang membeli kartu perdana baru yang dulu bisa mencapai sepuluh, sekarang karena dibatasi tidak bisa lagi.  Sehingga akan lebih banyak melakukan reload. Apakah ini hal yang buruk bagi operator? Belum tentu. Kenapa? Kalau sebetulnya pelanggan banyak melakukan reload, bagi operator juga menjadi suatu penghematan.

Yang perlu dipikirkan oleh operator adalah strategi apa yang harus dilakukan agar pelanggan akan tetap menggunakan layanannya dan tidak berpindah ke operator lain atau churn. Kemudian mendapatkan pendapatan yang optimal dari pelanggan. Selain itu juga harus dipikirkan untuk mencari cara agar dapat mengambil pelanggan dari operator lain atau akuisisi pelanggan baru.

“Jadi operator harus pintar-pintar dalam berkompetisi. Kompetisi dalam hal apa? Kompetisinya ini bisa dalam hal service, harga juga masih bisa dijadikan faktor untuk berkompetisi. Dan juga harus pintar-pintar mengingatkan pelanggan untuk melakukan reload. Pasalnya, sekarang saja, masih banyak pelanggan yang lupa untuk reload sehingga harus banyak diingatkan,” ujar Dian menjelaskan.

Strateginya XL adalah menggunakan CLM atau Customer Loyality Management agar impact dari perubahan perilaku pelaggan yang dari rotation churn ke reload itu banyak lagi memberikan potensi penurunan revenue bagi operator.

Berapa persen perkiraan akan terjadi penurunan revenue? Sayang, tidak XL belum bisa memprediksikan karena pemblokiran masih belum terjadi. Kalau pun sudah diblokir pun ada dua kemungkinan. Pertama, pelanggan akan melakukan registrasi atau membiarkan saja sehingga mengurangi nomor yang dimilikinya dengan pindah ke operator lain. Jadi, belum bisa prediksi pengurangannya.

Namun, Dian mengatakan juga bahwa setiap operator, termasuk XL juga melakukan beberapa simulasi untuk mengantisipasi. Termasuk juga mencari strategi yang pas untuk melakukan treat pada dealer dan reseller. (Icha)

Latest

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk HarmonyOS

Telko.id - Huawei makin serius mendorong terbangunnya kolaborasi dengan...

Kolaborasi Qualcomm dan Meta Optimalkan AI Llama 3 di Snapdragon

Telko.id - Qualcomm Technologies, Inc. dan Meta mengumumkan kolaborasi...

Gajian Tiba, realme 12 Series 5G Pas Jadi Pilihan

Telko.id - Pada pekan gajian kali ini, anak muda...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini