Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Menkominfo Resmikan BTS 4G Di Tolo’oi Sumbawa Demi Kemajuan Pertanian Daerah

Telko.id – Dengan adanya pembanguan Base Tranciever Station (BTS) 4G maka sebuah daerah akan menjadi lebih maju. Itu sebabnya, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan informatika giat membangun BTS 4G di daerah. Salah satu yang baru saja diresmikan adalah di Tolo’oi Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Harapannya, melalui BTS yang telah dibangun, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi serta dapat mempromosikan hasil produksinya secara cepat, termasuk pertanian.

“Jika sebelumnya, masyarakat hanya bisa menelepon dan kirim SMS, tapi sekarang sudah bisa kirim foto, bisa menggunakan medsos. Apalagi mau panen jagung, sekarang bisa dipotret saja, dan tunjukkan ini siap dipanen, itu salah satu manfaatnya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara baru saja meresmikan Tower Telekomunikasi atau BTS 4G di Desa Tolo’oi Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (17/3/2018).

Pemerintah sendiri memang memiliki program untuk mengurangi kesenjangan akses telekomunikasi di daerah-daerah terpencil dengan membangun BTS 4G. Hal itu ditegaskan Menteri Rudiantara sesuai dengan visi Nawacita pemerintah pusat nomor tiga yang mengutamakan pembangunan di daerah pinggiran.

Menteri Rudiantara menyatakan Tower BTS di Desa Tolo’oi merupakan salah satu tower yang dibangun pemerintah, lantaran desa ini baru saja mendapatkan sinyal seluler. Pembangunan masih akan dilanjutkan pada 5.200 desa lainnya di seluruh Indonesia. “Desa Tolo’oi desa yang baru saja mendapat sinyal. Masih ada ribuan desa yang belum dapat sinyal, ini pekerjaan rumah untuk kita,” ungkapnya.

Dari lebih 5 ribu BTS yang akan dibangun, menurut Menteri Kominfo sebanyak 3700 desa masuk dalam kategori desa tertinggal 3T (terdepan, terpencil, tertinggal). Desa di kawasan 3T sebelumnya belum dilalui jaringan seluler, karena dianggap tidak layak karena tidak memberikan keuntungan dari sisi bisnis oleh operator seluler.  Namun, ditegaskan Menteri Rudiantara, pemerintah tidak memikirkan untung rugi. Seluruh desa yang belum memiliki sinyal akan dibangun tower.

Pembangunan ini ditargetkan rampung pada 2019 mendatang, termasuk 1500 desa yang tidak tergolong desa 3T.

“Dalam merealisasikan hal tersebut, Kemkominfo bersama dengan BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) untuk memetakan daerah yang perlu dibangun. Selain itu, terdapat sejumlah korporasi yang digandeng oleh Kementerian Kominfo. Sebelum 2020 tidak ada desa di Indonesia yang belum punya jaringan sinyal seluler, satu desa satu BTS,” tegasnya.

Mengenai fasilitas penunjang seperti listrik, pemerintah pusat mengalokasikan dana subsidi yang dioperasikan oleh operator seluler. Menteri Kominfo berpesan agar fasilitas yang dibangun ini digunakan secara positif.

Mewakili masyarakat, Wakil Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat membangun fasilitas jaringan seluler di Desa Tolo’oi. Menurut Mahmud, fasilitas ini begitu penting, tidak hanya di Tolo’oi tapi di 7 desa lainnya yang juga ikut dibangun.  Seperti Desa Senawang Kecamatan Orong Telu, Desa Sempe Kecamatan Moyo Hulu, Desa Mata, Desa Tolo’oi Kecamatan Tarano. Lalu Desa Takampulit, Desa Bao Desa Kecamatan Batulanteh serta Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk.

“Atas bantuan Bapak Menteri, kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Saya merasa sangat gembira,” ucapnya.

Ia berharap, bantuan dari pemerintah dapat lebih besar lagi lantaran masih banyak wilayah di Kabupaten Sumbawa yang masih tergolong daerah terpencil. “Melalui kesempatan baik ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih. Seperti yang bapak liat, masih banyak wilayah kami yang masuk daerah terpencil. Kami berharap, perhatian ke daerah kami dapat lebih besar lagi,” sampainya.

Ucapan terima kasih juga datang dari Anggota Komisi I DPR RI Syafrudin. Syafrudin mengatakan, pembangunan di daerah Sumbawa khususnya dalam bidang komunikasi, membuat wilayah terpencil di daerah ini dapat setara dengan wilayah lainnya yang lebih maju.

Pembangunan ini, katanya, merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah pusat yang benar-benar fokus dalam memperhatikan pengembangan daerah tertinggal. “Saya berterima kasih pada pemerintah pusat khususnya mitra kami di Kominfo, bahwa hari ini kami nun jauh dari kota tapi kami bisa seperti masyarakat di kota. Ini menunjukkan kepedulian pemerintah pusat, jadi sampaikan salam kami, keluarga saya khususnya warga Kecamatan Torana pada bapak presiden. Terima kasih atas perhatiannya pada kami yang jauh dari Jakarta ini,” ucap Syafrudin.

Untuk menguji layanan telekomunikasi sinyal 4G, dalam acara ini dilaksanakan video conference antara Menkominfo Rudiantara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta. Menkominfo juga menyaksikan penyerahan bantuan CSR (Corporate Social Responsibilty) kepada warga setempat yang dilakukan secara simbolis.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah, Anggota Komisi I DPR RI Syafrudin, Dirut BAKTI Anang Latief, Direksi Telkomsel, Direksi SEI (Surya Energi Indotama), para Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. (Icha)

 

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini