Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Bank Danamon Bareng DOKU Hadirkan Layanan Dompet Digital

Telko.id – Bank Danamon Indonesia menghadirkan D-Wallet, yang merupakan jasa layanan elektronik berbasis server, melalui kerjasama co-branding dengan Nusa Satu Inti Artha (DOKU). Dengan adanya D-Wallet, nasabah maupun non-nasabah Bank Danamon memiliki “dompet digital” dalam bentuk aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk melakukan belanja atau pembayaran online maupun offline. D-Wallet juga memungkinkan transaksi online seperti belanja melalui situs e-commerce bagi yang tidak memiliki rekening bank maupun kartu kredit.

“Layanan D-Wallet menjawab lifestyle masyarakat saat ini yang lebih memilih berbelanja dan melakukan transaksi secara digital. Dengan D-Wallet, masyarakat lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan pembelian dan pembayaran elektronik, termasuk mereka yang tidak punya rekening perbankan atau kartu kredit,” kata Michellina Triwardhany, Direktur SME, Consumer Banking dan Branch Network Bank Danamon.

Michellina menambahkan bahwa kemudahan adalah bagian dari komitmen Bank Danamon untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus memberikan nilai tambah bagi nasabah maupun masyarakat luas. Inisiatif ini juga mendukung gerakan non-tunai yang ditetapkan Pemerintah serta menambahkan akses terhadap layanan perbankan bagi yang belum mendapatkannya.

Melalui aplikasi D-Wallet, pengguna diantaranya dapat melakukan pembelian voucher kuliner, produk investasi, serta pembelian di seluruh merchant-merchant online yang telah bekerjasama dengan DOKU seperti AliExpress, Lazada dan lain-lain. D-Wallet dapat digunakan untuk pembelian secara offline serta melayani tarik tunai atau cash-out melalui gerai-gerai minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson serta Dan+Dan. Pemegang D-Wallet juga dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan seperti BPJS dan PDAM.

Selain pembelian dan pembayaran, D-Wallet memiliki fitur transfer dana ke pengguna D-Wallet lainnya serta transfer dana ke rekening Bank Danamon atau bank lainnya. Saldo D-Wallet dapat di-isi atau di top-up non tunai melalui jaringan layanan Bank Danamon (ATM & Mobile banking), atau top up tunai melalui gerai -gerai Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dan+Dan.

“Selain memberikan kemudahan dalam bentuk transaksi tanpa tunai melalui aplikasi, D-Wallet juga aman digunakan karena tidak perlu mengirimkan informasi rekening perbankan ataupun kartu kredit  ketika melakukan transaksi di merchant. Untuk belanja dan tarik tunai  atau cash-out di gerai-gerai minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson serta Dan+Dan, pengguna D-Wallet cukup melakukan permintaan token (generate token).  Setiap transaksi yang dilakukan melalui D-Wallet juga harus menggunakan PIN,” tambah Djamin Nainggolan, Consumer Lending and E- Channel Head, Bank Danamon.

Terdapat 2 (dua) jenis pengguna D-Wallet yaitu pengguna regular  dan pengguna premium dimana masing-masing pengguna  memiliki batas maksimal saldo sebesar Rp 1 juta bagi pengguna regular dan batas maksimal saldo sebesar Rp 10 juta bagi pengguna premium. Selain dari batas saldo yang lebih besar, pengguna premium  dapat melakukan transfer dana ke rekening Bank Danamon atau bank lainnya . Untuk menjadi pengguna premium, mudah karena dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi D-Wallet dan proses verifikasinya online.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya DOKU untuk semakin memperluas implementasi pembayaran non-tunai lintas komunitas di Indonesia. Setelah sebelumnya DOKU melakukan co-brand dengan komunitas edukasi dan otomotif, hari ini DOKU kembali bekerjasama untuk memperkuat komunitas perbankan melalui peluncuran D-Wallet,” ungkap Ricky Richmond, Senior Vice President of Consumer Product DOKU.

Harapannya, kolaborasi ini dapat semakin memperkuat lini produk dan pilihan layanan Bank Danamon kepada para nasabah, dan juga membantu Bank Danamon untuk memperluas jangkauan konsumen, terutama konsumen yang belum memliki rekening bank maupun kartu kredit untuk bertransaksi online maupun offline.

Ricky menambahkan, berdasarkan data statistik Bank Indonesia, jumlah uang elektronik yang sudah beredar hingga akhir 2017 mencapai 113 juta instrumen, termasuk e-money dan e-wallet. Jumlah ini meningkat signifikan dari posisi awal 2017 yang hanya 52 juta instrumen uang elektronik.

Untuk mendapatkan aplikasi D-Wallet, cukup dengan mengunduh aplikasi D-Wallet di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android, serta mengisi informasi pribadi dan melakukan top-up perdana. (Icha)

 

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Bank Krom Resmi Luncurkan Krom Digital Banking, Sasar Generasi Muda

Telko.id - PT Krom Bank Indonesia Tbk ("Krom"), bagian dari Kredivo Group, secara resmi telah meluncurkan aplikasi perbankan digital Krom yang menawarkan layanan perbankan...

Igloo dan DANA Hadirkan Asuransi ‘Proteksi Batal Nonton’

Telko.id – Igloo dan DANA meluncurkan produk asuransi mikro yang memberikan perlindungan untuk pembatalan tiket bioskop dengan alasan apa pun. Dengan membeli produk asuransi seharga...

Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Telko.id - Jenius dari Bank BTPN serukan semangat ‘Think Unthinkable’. Sebenarnya, semangat ini bukan hal baru di Jenius, tetapi sudah tujuh tahun, tapi sampai...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini