Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Huawei: PDB Indonesia Diperkirakan Dapat Tambahan Pertumbuh 1,8% Pada Tahun 2025

Telko.id – Berdasarkan laporan bertajuk Digital Spillovers 2017 yang dirilis bersama oleh Huawei dan Oxford Economics, ekonomi digital dunia saat ini bernilai 11,5 triliun dolar AS atau berkontribusi sebesar 15,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

Kinerja ekonomi digital yang luar biasa ini sebagian besar dimotori oleh pengembangan internet berbasis konsumen. Pada tahun 2025, pemakaian internet untuk kegiatan usaha diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang pesat dengan tingkat digitalisasi dan kecerdasan yang tinggi industri di berbagai sektor. Pada tahun yang sama diperkirakan ekonomi digital akan tumbuh lebih pesat dan berkontribusi hingga 24,3 persen terhadap PDB dunia.

Dengan kebijakan dan strategi investasi yang tepat, diperkirakan ekonomi digital akan mendorong pertumbuhan PDB dunia sebesar 1,7 triliun dolar AS pada tahun 2025. “Dengan strategi digitalisasi yang mumpuni (high-digitalization scenario), Indonesia bisa mendapatkan tambahan pertumbuhan PDB sebesar 1,8 persen pada tahun 2025, dari rata-rata pertumbuhan PDB saat ini sebesar 5 persen,” kata Arri Marsenaldi, Executive Product Manager Huawei Indonesia.

“Huawei meyakini bahwa peningkatan investasi infrastruktur digital yang berkelanjutan, terutama dalam pita lebar dan adopsi teknologi cloud adalah landasan untuk transformasi digital Indonesia,” kata Arri.

Teknologi digital yang sedianya hanya berperan sebagai pendukung kini semakin berkembang dan mengambil peran strategis dalam proses pengambilan keputusan. Evolusi ini akan menjadi faktor utama untuk peningkatan kualitas dan efisiensi suatu perusahaan. Secara global, sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan terkemuka semakin bergerak menuju era +Intelligence yang menggabungkan cloud, Big Data, Internet of Things (IoT) serta kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk diadaptasi ke dalam kegiatan bisnis mereka sehari-hari.

Arri mengatakan Indonesia saat ini sedang memasuki fase awal transformasi digital, yang terukur dari rendahnya tingkat adopsi cloud dalam ekosistem digital tanah air. Laporan Huawei Global Connectivity Index 2017 sebelumnya menyebutkan bahwa ketika tingkat adopsi cloud di suatu negara mencapai lebih dari 3 persen dari total investasi Teknologi Informasi (TI), maka pemerintah dan sektor swasta di negara tersebut berada dalam kondisi optimal untuk memanfaatkan potensi kemampuan Big Data dan IoT secara penuh.

Lebih lanjut lagi Arri menjelaskan meskipun banyak pelaku industri di Indonesia yang memiliki keinginan untuk melakukan transformasi digital, namun ekosistem bisnis mereka tidak dibekali kemampuan yang memadai dalam menentukan strategi yang tepat untuk tetap kompetitif di era +Intelligence.

Arri kemudian menekankan bahwa transformasi digital yang efektif membutuhkan strategi yang cerdas serta keterlibatan berbagai pemangku kepentingan yang mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat. Bagi pemerintah, kebijakan dan inisiatif terkait transformasi digital merupakan aspek penting untuk memaksimalkan perkembangan industri secara sehat.

Sementara itu, sektor swasta perlu melakukan investasi dalam pemenuhan sumber daya baru yang kompetitif guna menduduki posisi puncak di era +Intelligence. Selanjutnya adalah pengembangan talenta di bidang TIK untuk memastikan bahwa sumber daya digital yang lebih luas dan mudah diakses.

Huawei bekerja sama dengan sejumlah perusahaan terkemuka dunia terus menjajaki dan mengembangkan praktik terbaik dalam hal transformasi digital, sekaligus menyarikan pengalaman yang terbaik dan membaginya dengan sesama pelaku usaha maupun pelanggan, termasuk sejumlah perusahaan yang tergabung dalam kelompok Global Fortune 500. (Icha)

 

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) atau sering disebut juga dengan Erajaya Active Lifestyle mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun...

Lenovo ThinkStation P8, Terinspirasi Oleh Aston Martin

Telko.id - Lenovo hari ini meluncurkan ThinkStation P8 di Indonesia, workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA...

Ericsson Bakal Pangkas 1.200 Pekerja di Swedia

Telko.id - Ericsson baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 1.200 karyawan di Swedia. Sebelumnya, tahun lalu, perusahaan juga sudah memberhentikan 8.500 staf, atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini