Demi Melayani Pelanggan Data XL Bakal Bangun 12 Ribu BTS Di 2018

Telko.id – Tahun 2018 ini XL bakal gencar membangun jaringan 4.5G. Hal ini dilakukan karena fenomena pengguna data di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Ditambah lagi, ekspektasi pelanggan terhadap layanan data pun terus meningkat. Layanan internet yang stabil dan data yang berkualitas baik dan cepat menjadi idaman bagi pengguna layanan data.

“Berdasarkan data, total populasi Indonesia saat ini 265 juta, di mana 133 juta atau hampir 50 persen di antaranya adalah pengguna internet dan 106 juta merupakan pengguna aktif media sosial,” kata Yessie D Yosetya, Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata,dalam konferensi pers XL Axiata di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Di sepanjang 2017, XL berhasil mencatat kinerja yang kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utama. Jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148% YoY.

Langkah XL tahun lalu itu juga dikarenakan faktor berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, yang kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

“Oleh karena itu, ini menjadi tantangan bagi operator untuk membangun jaringan yang bisa memfasilitasi pengguna dengan koneksi yang stabil dan lebih cepat,” tambahnya menerangkan.

Untuk itulah, pada 2018 XL bakal memastikan agar kapasitas yang dibangun cukup memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus mencari konten-konten baru, serta membutuhkan data yang lebih cepat lagi.

Pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk peningkatan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.

Tahun ini, XL berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93%, sementara layanan 4G mencapai 85% dari total populasi.

Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL akan mengalokasikan 90% dari anggaran belanja modal (Capex)  tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun.

“Jaringan perlu disiapkan untuk memenuhi demand, salah satunya menggunakan teknologi yang lebih bagus, misalnya 4,5G,” tukas Yessie.

Dia mengatakan, ke depannya jaringan 4,5G kian ditingkatkan XL baik dengan teknologi 4T4R 4×4 MIMO, 256QAM, dan carrier aggregation, penambahan BTS dan virtualisasi network, serta peningkatan multilayer mobile backhaul.

Hanya saja, untuk mengimplementasikan jaringan 4.5G ini, akan didahulukan kota-kota besar yang berkebutuhan data tinggi. Misalnya saja, Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Bali.

Agar performa layanannya semakin baik, XL pun akan membangun 10-12 ribu BTS tahun ini. “25% dari jumlah tersebut, akan menggunakan BTS berteknologi MIMO. Kalau dilihat dari animo pasar dan data, kita harus ada di kota-kota besar,” ujar Yessie.

Dia juga menyebut, masyarakat yang ingin menjajal kecepatan dan kestabilan layanan 4,5G bisa mencoba ke 20 XL Center yang sudah dilengkapi dengan teknologi 4,5G.

Namun, untuk memperluas jangkauan, XL tahun ini bertekad untuk melanjutkan pembangunan jaringan data secara besar-besaran khususnya di luar Jawa.

Sekadar diketahui, dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. (Icha)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

atau

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…