Sunday, August 19, 2018

18 Operator Ini Uji Coba Modem 5G Qualcomm Snapdragon X50

Telko.id – Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm, mengumumkan bahwa modem 5G Qualcomm Snapdragon X50 telah dipilih untuk digunakan dalam uji coba mobile 5G NR dengan sejumlah operator jaringan nirkabel global pada pita spektrum sub-6 GHz dan millimeter wave (mmWave). Ada 18 operator yang memilih produk terbaru dari Qualcomm ini.

Operator tersebut adalah AT&T, British Telecom, China Telecom, China Mobile, China Unicom, Deutsche Telekom, KDDI, KT Corporation, LG Uplus, NTT DOCOMO, Orange, Singtel, SK Telecom, Sprint, Telstra, TIM, Verizon, dan Vodafone Group akan melakukan uji coba yang berdasar pada standar 3GPP Release 15 untuk 5G NR.

Uji coba mobile 5G NR tersebut akan menggunakan mobile platform dan referensi desain smartphone dari Qualcomm Technologies, yang mana menggabungkan chipset Snapdragon X50 dan mengoptimalkan teknologi 5G sesuai dengan batasan daya dan bentuk fisik dari sebuah ponsel pintar sembari menjaga interoperabilitas dan harmonisasi dengan jaringan 4G LTE. Rencana uji coba ini menekankan kesiapan solusi dari mobile 5G NR milik Qualcomm Technologies untuk smartphone dan komersialisasi produk dan layanan dari 5G NR yang sesuai standar global di tahun depan.

Qualcomm Technologies terus menjadi pemimpin dalam industri mobile dengan produk chipset mobile 5G dan kolaborasi dengan beragam ekosistem 5G. Sebagai ilustrasi, demonstrasi yang sudah direncanakan pada acara Mobile World Congress di Barcelona tahun ini akan menampilkan modem 5G Snapdragon X50 yang dapat mencapai kecepatan unduh dalam beberapa gigabit per detik, menyorot hal-hal baru dan peningkatan pengalaman pengguna yang hanya dapat dilakukan oleh 5G.

Selain itu, Qualcomm Technologies akan menunjukkan interoperabilitas 5G NR sesuai dengan standar yang sudah ada, dengan beberapa vendor infrastruktur yang menggunakan sistem prototipe mutakhir dari Qualcomm. Kemajuan berkelanjutan ini akan berujung pada uji coba 5G NR secara langsung oleh para operator terkemuka pada tahun 2018 atau awal 2019, yang pada akhirnya akan mengarah pada penerapan jaringan 5G NR secara komersil serta peluncuran ponsel pintar yang dapat terhubung dengan beragam jaringan dan frekuensi di tahun 2019.

“2018 akan menjadi tahun yang besar bagi Qualcomm Technologies dan industri mobile secara keseluruhan karena keduanya bekerja sama untuk melaksanakan spesifikasi 5G NR yang telah disepakati” kata Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated.

Amon menambahkan “Uji coba ini mendemonstrasikan bagaimana kita bekerja sama dengan para operator global untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi pada industri mobile, sekaligus membuat 5G menjadi kenyataan dengan mendukung sejumlah besar peluncuran komersial yang diharapkan terjadi pada tahun 2019. Dengan terbuktinya kesuksesan kami pada 3G, 4G LTE dan kepemimpinan pada RF front-end, Qualcomm Technologies memiliki posisi yang ideal untuk menghadirkan produk multimode dan multi-gigabit yang dibutuhkan untuk peluncuran global 5G.”

Uji coba operator akan mulai dilaksanakan pada tahun 2018 dan akan memanfaatkan spektrum pada sub-6 GHz serta millimeter wave (mmWave), yang mana sangat penting untuk memberikan cakupan yang sangat luas dan meningkatkan kapasitas jaringan.

Untuk memenuhi target yang ditetapkan pada paruh pertama dalam tahun 2019, penggunaan modem 5G Snapdragon X50 selama uji coba mobile 5G NR ini diharapkan dapat mempersiapkan para operator untuk peluncuran jaringan 5G secara komersil, membekali OEM untuk menghadirkan smartphone 5G, serta memungkinkan pengujian dan pengembangan dari berbagai jenis skenario dan contoh penerapan 5G. (Icha)

 

 

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…