Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Amerika Berniat Buat Jaringan 5G Yang Nasionalis

Telko.id – Tidak dapat dipungkiri, bahwa kini perusahaan Cina yang menguasai bisnis infrastruktur di dunia. Termasuk juga Amerika. Itu sebabnya, Negara ini berniat untuk membuat jaringan 5G yang nasionalis, tanpa menggunakan vendor dari Cina. Seperti yang dilansir dari Kantor Berita Axios.

Dalam laporannya, saat ini pemerintah A.S. sedang mempertimbangkan opsi untuk membangun jaringan 5G sebagai salah cara untuk menahan Cina ‘merangsek’ lebih dalam lagi ke Negara ini. Terutama untuk menjadi keamanan data.

Axios, dengan mengutip dokumen sensitif yang diperolehnya, mengatakan bahwa ada dua pilihan untuk dipertimbangkan: Pertama, pemerintah A.S. dapat membayar dan membangun jaringan seluler tunggal yang super cepat dan kemudian dapat menyewa akses ke operator nasional. Langkah tersebut, menurut Axios, dapat membentuk nasionalisasi infrastruktur yang belum pernah terjadi sebelumnya yang secara historis dimiliki secara pribadi.

Namun, laporan berita tersebut melaporkan juga, seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa versi yang lebih baru dari dokumen tersebut netral mengenai apakah pemerintah harus membangun dan memiliki jaringan semacam itu.

Alternatifnya, menurut Axios, adalah bahwa penyedia layanan nirkabel di A.S. membangun jaringan 5G mereka sendiri yang akan bersaing satu sama lain – sebuah opsi yang menurut dokumen bisa memakan biaya dan memakan banyak waktu, namun tidak akan mengganggu industri secara komersial.

Alasan untuk mempertimbangkan nasionalisasi sebagian sistem adalah China “telah mencapai posisi dominan dalam pembuatan dan pengoperasian infrastruktur jaringan” dan ini adalah “aktor berbahaya yang dominan di Domain Informasi,” kata dokumen tersebut, menurut Axios.

Reuters melaporkan bahwa seorang pejabat senior pemerintah pada hari Minggu mengatakan bahwa pemerintah ingin membangun jaringan 5G yang aman dan harus bekerja sama dengan industri tersebut untuk mengetahui cara terbaik untuk melakukannya.

“Kami ingin membangun jaringan sehingga orang China tidak dapat mendengarkan panggilan Anda,” kata pejabat tersebut kepada Reuters.

“Kita harus memiliki jaringan aman yang tidak memungkinkan pelaku buruk masuk. Kita juga harus memastikan orang-orang China tidak mengambil alih pasar dan membuat setiap jaringan non-5G gulung tikar.”

Masalah tersebut diperdebatkan di tingkat yang lebih rendah, kata pejabat tersebut kepada Reuters, menambahkan bahwa dibutuhkan waktu antara enam sampai delapan bulan sebelum Presiden Donald Trump mempertimbangkan.

Generasi kelima (karenanya nama 5G) dari jaringan bergerak bertujuan untuk memberikan kecepatan data lebih cepat dan bandwidth yang lebih banyak untuk membawa tingkat lalu lintas web yang terus berkembang. Akhir tahun lalu, spesifikasi pertama untuk 5G selesai, yang merupakan langkah besar untuk mengkomersilkan teknologi.

Pengamat pasar memperkirakan teknologi ini akan memiliki lebih dari satu miliar pengguna pada 2023, dengan lebih dari setengahnya berbasis di China. Operator A.S. sudah bekerja untuk menerapkan jaringan 5G. (Icha)

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Nokia dan Vivo Sepakati Perjanjian Lintas Lisensi Paten 5G

Telko.id - Nokia hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian paten lintas lisensi multi-tahun dengan vivo. Berdasarkan perjanjian tersebut, vivo akan melakukan pembayaran royalti kepada...

Telkomsel Bersama ITB Hadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. Kolaborasi Telkomsel...

FIFA U-17, Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G dan Paket Data Nonton Bola

Telko.id - Sebagai Official Tournament Supporter dalam gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, Telkomsel hadirkan jaringan 5G dan mengelurakan paket data Nonton Bola. Selain...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini