Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Pemerintah Akan Buka Tender Pembangunan 5.000 BTS USO Di Daerah Terpencil

Telko.id – Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia masih belum merata. Maklum saja, karena tidak semua operator mau membangun diwilayah terpencil yang secara bisnis tidak menguntungkan. Itu sebabnya, pemerintah menggalakkan program USO atau Universal Service Obligation untuk membangun jaringan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar yang dikenal dengan daerah 3T.

Pada tahun 2017 lalu saja, pemerintah sudah membangun 663 unit dari program USO ini. Tahun 2018 ini akan dipercepat dan dalam waktu dekat mampu mencapai angka 5000 BTS yang berada di 132 Kabupaten.

“Minimal, BTS yang dibangun sudah memiliki kapasitas 3G,” ungkap Ismail, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo saat ditemui di Purui, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (23/1/2018), seperti yang dikutip dari Detik.com.

Untuk mencapai target yang dicanangkan tersebut, pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan informatika akan mengubah cara pendekatannya.

“Karena itu, rencananya agar mengubah model pendekatannya juga. Jadi, akan tender secara serentak, dibagi per area nanti rencananya,” sebutnya.

Sayangnya, untuk detail model yang akan digunakan masih belum ditentukan. Hanya saja, berdasarkan pengamatan di lapangan, animo masyarakat akan kebutuhan infrastruktur jaringan telekomunikasi ini sudah sangat tinggi. “Jadi, pendekatan yang dilakukan juga tidak akan linier, tetapi akan eksponensial,” kata Ismail menambahkan.

Sekedar diketahui, USO, yang juga dikenal sebagai dana Kewajiban Pelayanan Umum (KPU), dikontribusi oleh pelaku bisnis telekomunikasi yang menyumbang sebesar 1,25 persen dari pendapatan usaha. Dana ini disetor kepada pemerintah di setiap kuartal.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini merupakan implementasi dari program BTS USO oleh Kementerian Kominfo yang dikerjakan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI).

Sebelum menyandang nama BAKTI, divisi Kominfo yang mengurusi penyediaan internet di daerah terpencil ini bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

Program BTS USO adalah bantuan pembangunan BTS di wilayah blankspot atau tidak terpancar sinyal telekomunikasi dari BTS komersial untuk melayani akses telekomunikasi.

Melalui skema bottom up, titik lokasi pembangunan merupakan usulan dari pemerintah daerah (pemda) dengan menyediakan lahan hibah yang akan menjadi lokasi pembangunan BTS. Lalu BAKTI menyediakan infrastrukturnya. (Icha)

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini