Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Bos Sinar Mas Group “Turun Gunung’ Kawal Langsung Smartfren

Telko.id – Smartfren di Tahun 2018 ini optimis bakal lebih agresif lagi merangsek ke pasar. Berbagai strategi sudah Dipersiapkan. Termasuk, memanggil kembali Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Commercial Smartfren.

Pemanggilan ini, diharapkan dapat mampu mengakuisis pelanggan lebih banyak lagi. Terlebih dengan jaringan yang dimiliki oleh Smartfren saat ini yang sudah menggunakan teknologi 4G LTE dan mengklaim sebagai jaringan 4G yang terluas.

Selain itu, agar lebih efektif dan cepat dalam mengambil keputusan, bos Sinar Mas Group, Franky Oesman Widjaja selama ini dikenal sebagai Chairman Sinarmas Group yang menaungi Smartfren akan terjun langsung. Di Smartfren, akan mnnjabat sebagai CEO dan Chairman.

“Jadi keputusan yang diambil lebih cepat. Jika dulu hanya dua hari dalam seminggu, sekarang bisa 4 hari berada di Smartfren,” kata Djoko.

Selain itu, Smartfren pun sudah menyiapkan berbagai jurus untuk ‘menaklukan’ pasar.

Jurus pertama

Setelah tahun lalu, pamor dari Andromax agak tertutup oleh 4G LTE. Tahun ini bakal digencarkan lagi.  Caranya dengan memberikan diskon yang sangat besar. Dari Rp. 100 ribu sampai Rp. 200 ribu diskonnya. Plus bundling dengan Unlimited Internet 4G. Dengan cara isi ulang 100 ribu. Rencananya akan launching awal Februari.

Setidaknya, saat ini ada tiga tipe Andromax yang dipersiapkan yaknI Andromax B SE, Andromax L dan Andromax A2.

cof

Smartfren juga akan menggencarkan ponsel 4G yang bukan smartphone, yakni Andromax Prime. Ponsel ini akan diberi tambahan fasilitas yakni bisa jadi modem dengan unlimited internet 4G. Harganya, Rp. 199.000. Dipasaran, merek lain masih diangka Rp.400ribu – Rp.500.000.

Program ini akan berlangsung sampai bulan Juni atau sebelum lebaran. Setidaknya ada 600 ribu unit yang dipersiapkan. Dan setelah itu, akan ada dua tipe Andromax lagi yang akan diluncurkan.

Jurus Kedua

“Tahun lalu ada 13.326 BTS terpasang. Tahun ini kita akan tambah 10 ribu BTS baru. Diharapkan, pembangunan nya akan selesai sekitar 80-90%’diakhir tahun,” kata Djoko.

Pembangunan nya sendiri akan difokuskan untuk menambah jumlah kota di luar Jawa, seperti di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Sedangkan untuk di Jawa akan fokus pada penguatan dan menambah kapasitas di wilayah yang ramai dan sudah tidak cukup kapasitasnya.

“Di luar Jawa, pertumbuhan Smartfren sangat menggembirakan. Setidaknya, bisa mencapai dua kali lipat dari pertumbuhan di Jawa,” kata Djoko.

Jurus Ketiga

Smartfren akan merancang ulang kartu perdana dan paket data yang sudah ada. Akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen saat ini yang begitu haus data.

Kedua langkah ini diambil karena Smartfren kini tidak lagi dikenal dengan jualan handset Andromax maupun open market handset  yang bundling dengan kuota data, tetapi juga dengan kartu perdana nya.

Itu sebabnya, perlu ada penyesuaian strategi agar dapat mengakuisis pelanggan lebih banyak lagi.

Djoko pun mengakui Bahwa dengan penjualan kartu perdana ini memang hasil nya cukup menggembirakan. Walaupun ada kelemahan nya yakni tingkat churn cukup tinggi. Bisa mencapai 80%.

Sedangkan, program bundling handset, baik Andromax maupun OHM tinggkat churn nya lebih kecil hanya 10%.

Tapi jika ingin menambah jumlah pelanggan lebih banyak lagi, setidak nya seperti yang ditargetkan pada tahun ini bisa memperoleh tambahan 12 juta atau menjadi 24 juga diakhir tahun maka strategi merancang ulang kartu perdana ini harus dilakukan.

Saat ini, Average Rate per usage atau ARPU Smartfren cukup tinggi. Lebih tinggi dibandingkan industri yakni ARPU data Rp.47 ribu dan ARPU blended Rp.33 ribu.

Yang memberikan sumbangan terbaik dari semua produk layanan Smartfren adalah OHM. Di mana RGU atau Revenue Generating Unit nya bisa mencapai 60%. Sedangkan ARPU datanya bisa mencapai Rp. 80ribu. (Icha)

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H, Smartfren Perkuat Jaringan

Telko.id - Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Smartfren terus melakukan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya, serta memberikan promo paket data...

Smartfren dan Baicells Kolaborasi Kembangkan LTE dan 5G

Telko.id - Baicell menandatangani kesepatakan kerja sama dengan Smartfren Business untuk mengembangkan solusi jaringan Private LTE dan Private 5G di Indonesia. Solusi tersebut akan diluncurkan...

Smartfren Home, Tawarkan Wireles Router Buat WiFi di Rumah

Telko.id - Smartfren meluncurkan Smartfren Home yakni layanan WiFi untuk di perumahan dengan menggunakan wireles router untuk memberikan pengalaman internet rumah yang mudah, kuota...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini