Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Telkomsel Siagakan 24 Mobile BTS Khusus di Jabodetabek Jabar Untuk Kawal Libur Natal dan Tahun Baru 2018

Telko.id – Memasuki periode akhir tahun yang akan dibarengi dengan momen libur Hari Raya Natal dan pergantian tahun, Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar sejak awal beberapa bulan terakhir telah melakukan sejumlah persiapan dan menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang kini di dominasi dengan semakin tingginya utilisasi akses layanan seluler berbasis broadband, terutama di beberapa kota dengan jumlah pengguna layanan data yang cukup besar, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung.

Langkah antisipasi awal yang dipersiapkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar antara lain dengan melakukan identifikasi sekitar 142 lokasi yang diprediksi setiap tahunnya selalu menjadi titik pusat keramaian masyarakat dalam memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru, seperti tempat beribadah, pusat perbelanjaan baik modern maupun pasar tradisional, alun-alun kota, destinasi wisata dan hiburan, hingga titik transit massa seperti pelabuhan, stasiun kereta, terminal dan bandar udara.
“Telkomsel secara konsisten selalu melakukan antisipasi dalam menghadapi sejumlah momen yang diprediksi akan mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi seluler, seperti jelang hari raya keagamaan dan liburan akhir tahun. Setelah sukses mengawal periode Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, kini Telkomsel juga memastikan kesiapan jaringan di sejumlah titik keramaian, terutama menjamin kenyamanan pengalaman akses layanan broadband para pelanggan dalam mengabadikan momen libur Natal dan pergantian tahun,” kata Juanita Erawati, Vice President ICT & Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, dalam pernyataan tertulisnya.

Selain memaksimalkan BTS yang sudah menjangkau 142 titik pusat keramaian, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga telah menyiagakan tambahan 24 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang difokuskan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi seluler, baik secara kualitas maupun kapasitas layanan. Seluruh COMBAT yang telah beroperasi sejak awal bulan Desember 2017 ini pun juga sudah dilengkapi fasilitas layanan broadband berkecepatan tinggi berteknologi 4G LTE.

Juanita lebih lanjut menambahkan, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga  telah memprioritaskan pengamanan jaringan dengan melakukan optimalisasi jaringan 3G dan 4G di sejumlah lokasi destinasi wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan kunjungan massa saat momen pergantian tahun, antara lain Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), dan Pantai Pangandaran (Kab. Pangandaran), serta kawasan pusat perbelanjaan modern seperti Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Paskal 23 Bandung.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, “Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun. Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya.”

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar diperkirakan meningkat 32% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Berbanding terbalik dengan layanan data yang semakin tumbuh, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun seiring dengan tingginya adopsi pelanggan terhadap layanan berbasis broadband dan digital di wilayah Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 63 Mobile GraPARI (MoGi) dan  yang akan membantu memenuhi kebutuhan pembelian kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, aktivasi berbagai layanan broadband dan digital. Selain itu, sekitar 39 Telkomsel Distribution Center (TDC) yang dikelola oleh Mitra Authorized Dealer (AD) Telkomsel juga akan tetap beroperasi secara normal untuk memastikan ketersediaan produk Telkomsel tetap bisa terdistribusi untuk outlet reseller di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 88 GraPARI Siaga di seluruh wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, termasuk dua GraPARI yang tetap beroperasi 24 jam di Wisma Alia (Jakarta Pusat) dan Dago (Bandung). Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 33.000 BTS dengan sekitar 8.300 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 100 kota kabupaten juga disiagakan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data. (Icha)

 

 

Latest

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Yuk Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series

Telko.id - Di tengah gempuran konten menarik di media...

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini,...

Rekomendasi

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik internet Telkomsel meningkat hingga 12.87 Persen dibandingkan hari biasa atau 15.08 persen lebih tinggi...

Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

Telko.id - Dalam rangkaian Telkomsel Siaga RAFI 2024, operator ini menghadirkan program Mudik Hepi Telkomsel Poin. Program ini yang mengajak para pelanggan setia Telkomsel dan...

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan eSIM, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Telkomsel resmi meluncurkan layanan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) bagi seluruh pelanggannya di tanah air dan di luar negeri. Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini