Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Mantap, Kini AirAsia Indonesia Ada Wi-Fi Indosat nya

Telko.id – AirAsia Indonesia, sebagai salah satu maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia, kini sudah menyediakan layanan WiFi dan inflight entertainment. Layanan ini diberi nama ROKKI.

Layanan ini bakal tersedia pada sejumlah penerbangan domestik maupun internasional berkat dukungan dari Indosat Ooredoo.
“Sebagai maskapai berbiaya hemat, kami bangga dapat memberikan layaway WiFi dan inflight entertainment dalam penerbangan,” kata Dendy Kurniawan, CEO Group AirAsia Indonesia.

Dendy menambahkan “Jadi kami tidak hanya memahami tapi juga memenuhi kebutuhan pelanggan akan koneksi internet. Pada awal, memang baru 1 pesawat. Tahun 2018 total ada 10 pesawat yang semuanya Airbus A330. Dan diprioritaskan untuk penerbangan dengan waktu tempuh yang Lama”.

“Layanan WiFi ini dapat diakses melalui gadget penumpang yang nantinya akan menggantikan layanan entertainment di kabin. Itu sebabnya, nanti ada layanan yang berbayar, ada juga yang gratis,” kata Rifai Taberi, Commercial Director Indonesia AirAsia.

Khusus layanan yang gratis, konten nya akan tersedia di server yang berada di pesawat. Itu sebabnya, untuk aplikasi ke pesawat perlu waktu. Jadi, nanti penambahan akan dilakukan untuk pesawat baru yang akan langsung dipesan sesuai dengan kebutuhan layanan WiFi ini. Kalaupun pesawat yang sudah ada, perlu waktu grounded 3 hari dan harus menyesuaikan dengan managemen grounded.

cof

“Bagi Indosat, kerjasama dengan AirAsia ini merupakan pengalaman baru. Pasalnya, untuk menyediakan layanan ini merupakan inovasi baru dan menggunakan teknologi baru yakni slot khusus untuk satelit,” kata Herfini Haryono, Director & Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo.

Tidak hanya itu, mulai dari masalah teknis agar frekuensi tidak bocor juga jadi hal yang perlu diperhatikan. Termasuk juga masalah perijinan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Masalahnya, layanan WiFi di penerbangan seperti yang dimiliki oleh AirAsia, yang sangat lengkap ini, baru pertama kali di Indonesia.

Untuk menggunakan layanan ROKKI ini, penumpang cukup mengaktifkan fitur WiFi saat smartphone atau tablet dalam mode pesawat dan menghubungkannya ke WiFi AirAsia-ROKKI kemudian akses situs www.rokki.com untuk menikmati berbagai hiburan. Mulai dari nonton film, mendengarkan musik maupun melihat katalog belanja secara gratis.

Jika ingin tetap dapat melakukan chatting atau aktifitas berinternet lainnya, penumpang juga dapat mengakses layanan WiFi ROKKI yang tersedia dalam dua pilihan packet yaitu Paket Chat dengan harga Rp.30 ribu untuk kapasitas 3MB dan Paket Internet dengan harga Rp.60ribu berkapasitas 10MB.

Fasilitas WiFi AirAsia Indonesia saat ini sudah terdapat pada pesawat dengan kode PK-AXV untuk melayani penerbangan ke beberapa rute domestik maupun internasional. Seperti Bali, Yogyakarta, Surabaya, maupun Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura dan Penang. (Icha)

 

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam menjaga ekonomi digital Indonesia melalui...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini