Pelanggan Telkomsel Bakal Merasakan Hasil Lelang frekuensi 2300 Mhz Mulai Awal 2018

Telko.id – Baru saja, Telkomsel menerima surat keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 1896 tahun 2017, yang menetapkan operator seluler tersebut sebagai pemenang seleksi pengguna atau lelang pita frekuensi  2.300 MHz (2,3 GHz) untuk jaringan bergerak seluler.

Dengan mendapatkan penambahan spektrum sebesar 30Mhz di frekuensi tersebut, Telkomsel akan digunakan untuk menambah kapasitas 4G LTE di wilayah Jabodetabek dan kota besar lainnya yang memang sudah mendesak untuk menambah layanan data nya.

“Kami bersyukur telah ditetapkan menjadi pemenang lelang frekuensi. Nilai sejumlah Rp 1.007.483.000.000 dilakukan berdasarkan strategi investasi yang matang dengan dukungan finansial yang kuat. Tambahan spektrum akan dimanfaatkan untuk memperkuat  layanan 4G LTE dan  memaksimalkan kualitas layanan broadband bagi pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia. Kami berharap hal ini akan mendukung ekosistem digital di Indonesia, termasuk e-commerce, dan mendorong perkembangan usaha kecil dan menengah,” kata Ririek Adriansyah,Direktur Utama Telkomsel.

Ririek juga menambahkan bahwa seiring konsistensi dan komitmen Telkomsel untuk membangun jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia, termasuk wilayah pelosok dan perbatasan negara, tambahan spektrum ini akan mendukung upaya perusahaan untuk membuka akses informasi yang lebih luas bagi masyarakat di perdesaan.

“Dengan kecepatan akses mobile broadband yang lebih tinggi, kami mampu menghadirkan pengalaman digital lifestyle terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Ririek.

Dengan adanya penambahan frekuensi ini, Telkomsel semakin optimis bahwa layanan data akan meningkat. “Tahun lalu, layanan data meningkat 35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan adanya tambahan frekuensi ini, kami yakin akan tetap berada diatas industri pertumbuhan layanan data kami. Hanya saja, kami tidak bisa menentukan seberapa besar,” ujar Ririek menjelaskan.

Setidaknya, sampai akhir tahun 2017 ini, Telkomsel akan membangun lebih dari 500 BTS menggunakan spektrum 2,3 GHZ. Pembangunan tersebut akan selesai dalam tiga bulan ke depan terutama di wilayah-wilayah yang paling tinggi kebutuhan layanan datanya setelah melalui proses sesuai ketentuan termasuk uji laik operasi.

“Jadi setidaknya, di Januari 2018, pelanggan sudah dapat menikmati kecepatan akses maksimal mobile broadband hingga 400 Mbps, yang menjadikan Telkomsel operator dengan kecepatan akses terbaik di Indonesia,” jelas Ririek.

Dengan diumumkannya Telkomsel sebagai pemenang lelang spektrum frekuensi 2,3 GHz, komposisi alokasi frekuensi yang dimiliki Telkomsel menjadi sebagai berikut: frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHZ, frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 15 MHz, frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz, frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, dan frekuensi 800 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz.

Dalam hal pembangunan jaringan, hingga semester pertama tahun 2017, Telkomsel telah membangun lebih dari 146.000 BTS, di mana sekitar 65% di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G). Saat ini Telkomsel terus melanjutkan pembangunan layanan 4G LTE ke wilayah yang lebih luas, di mana saat ini telah melayani lebih dari 20 juta pelanggan di sekitar 480 ibukota kabupaten. (Icha)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

or

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…