Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Indosat Bakal Buka Akses Data Pelangganya Untuk Peserta IWIC ke 11

Telko.id – Apa sih yang dibutuhkan oleh para developer untuk bisa tumbuh dan berkembang? Salah satu nya adalah akses ke operator yang kini menjadi sentral dalam pertumbuhan digital. Terutama akses data ke pelanggan. Hal inilah yang juga dilihat oleh Indosat Ooredoo. Itu sebabnya, operator ini pun membuka aksesnya. Hanya saja, pada awal baru pada peserta kompetisi IWIC.

Cara mengaksesnya adalah melalui API atau API atau application programming interface yang merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Hal ini juga ‘meniru’ dari beberapa Over The Top atau OTT aplikasi tenar dunia yang sudah melakukannya terlebih dahulu.

Pembukaan akses ke pelanggan melalui API ini juga yang membedakan antara IWIC ke 11 yang sudah ‘Go Global’ sejak tahun lalu dengan IWIC sebelumnya. API ini sendiri dapat diperoleh peserta IWIC melalui sosialisasi yang akan dilakukan oleh Indosat Ooredoo.

”Langkah ini sebagai penegasan kembali komitmen kami mewujudkan Indonesia Digital Nation melalui visi kami menjadi perusahaan digital terkemuka di Indonesia pada usia ke 50 di tahun ini. Kompetisi IWIC ke-11 ini juga merupakan bentuk komitmen kami mewujudkan visi tersebut, sebuah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang mobile pertama dan secara konsisten dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. IWIC mengundang para talenta muda digital di Indonesia juga di negara-negara lain untuk berkompetisi ide, kreatifitas, serta inovasi digital untuk mempermudah hidup masyarakat,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

Alex juga menambahkan bahwa ”Indosat berharap semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat, karena ke depan para developer akan dapat berkenalan dengan API Indosat Ooredoo. API atau application programming interface merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API yang disediakan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan.

Setidaknya, pada tahap awal akan ada 9 API yang disediakan bagi para developer peserta IWIC ke 11 ini. Diperjalanannya akan terus ditambah dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, ke depan, API ini juga akan dibuka secara terbuka pada developer umum.

Langkah ini diyakini oleh Alex akan memberikan keuntungan pada Indosat dan industry digital Indonesia karena tidak hanya para developer besar saja yang mampu bekerjasama dengan operator terapi juga developer kecil dan menengah pun bisa melakukan. Bahkan, Alex yakin bahwa konsep yang baru di Indonesia ini juga akan diikuti oleh operator lain.

Dampak bagi bisnis Indosat pun diyakini oleh Alex akan terjadi. Namun, tidak dalam waktu dekat karena API ini juga membutuhkan sosialisasi ke masyarakat agar dapat dengan mudah ‘mengawinkan’ antara ide kreatif yang dimiliki dengan API yang dikeluarkana oleh Indosat tersebut. “Direncanakan, API untuk developer umum ini akan diperkenalkan pada bulan November mendatang,” ujar Alex menambahkan.

Sebagai informasi, API Indosat ini memungkinkan para developer ini untuk mengakses pelanggan dengan berbagai variable yang dibutuhkan. Misalnya, kelompok umur tertentu, wilayah tertentu hingga ARPU tertentu. Itu sebabnya, API ini sangat komplek persiapannya. Terutama, karena membutuhkan akses ke billing system maupun system charging Indosat.

Dari sisi keamanan, Alex menyakinkan bahwa konsep API ini lebih aman. Pasalnya, ada layer-layer di API yang menjaga data pelanggan Indosat. Ketimbang, bentuk kerjasama yang B to B. Di mana, akses data pelanggan lebih masuk lagi ke core yang agak sulit untuk dijaga keamanannya.

Pada program IWIC ke-11, kategori kompetisi yang dapat diikuti yaitu: kategori Kids & Teens, Beginner, Professional  dan Women & Girls. Kategori-kategori ini akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk system operasi Android, iOS, Windows Mobile.

IWIC ke-11 juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas, hackathon dan bootcamp menjelang grand final IWIC. Para pemenang IWIC akan mendapatkan berbagai hadiah menarik diantaranya uang tunai senilai total ratusan juta rupiah serta kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global. (Icha)

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam menjaga ekonomi digital Indonesia melalui...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini