Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Perangkat IoT Dual Mode Mulai Merangsek Ke Pasar

Telko.id – Bukan hanya smartphone yang memiliki dua standar atau lebih dikenal dengan dual mode. Perangkat IoT atau internet of Things pun sudah mulai menanamkan dual mode. Langkah yang cerdik ini dilakukan oleh Sierra Wireless dan U-Blox.

Kedua produsen IoT tersebut telah mengumumkan modul yang mendukung dua standar seluler yang berbeda untuk konektivitas di area dengan kekuatan rendah. Kedua perusahaan tersebut membawa solusi yang mendukung LTE Kategori M1 (Cat M1) dan narrowband IoT (NB-IoT).

LTE Cat M1 ini menggunakan 1,4 megahertz bandwidth sementara NB-IoT hanya menggunakan 200 kilohertz. Cat M1 menaikkan tingkat uplink dan downlink data pada 1 megabit per detik, dan NB-IoT mampu bekerja di kedua 1.4 megahertz maupun 200 kilohertz dengan kecepatan sekitar 0,2 megabit per detik.

Di Amerika Serikat, Verizon Wireless dan AT & T telah menambahkan teknologi LTE Cat M1 ke jaringan mereka, namun sejauh ini belum ada operator A.S. yang telah mengumumkan ketersediaan NB-IoT yang tersebar luas di jaringannya.

Sierra Wireless mengatakan bahwa modul AirPrime WP77 akan memungkinkan pelanggan untuk menggunakan perangkat yang sama dengan beberapa operator jaringan di seluruh dunia. Modul ini mendukung fallback 2G untuk area di mana cakupan LTE tidak tersedia secara luas.

U-Blox mengatakan modul SARA-R410M-02B-nya akan menawarkan konfigurabilitas berbasis perangkat lunak untuk semua band yang digunakan. Ini berarti pelanggan berpotensi berubah dari standar konektivitas ke standar lainnya tanpa menyentuh setiap titik akhir secara fisik. Hal ini penting karena dalam banyak penerapan IoT, karena titik akhir mungkin berada di lokasi terpencil.

U-Blox juga mengatakan bahwa SARA-R410M-02B juga akan mendukung fungsi suara melalui jaringan LTE menggunakan Cat M1, yang dapat digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan interaksi dengan manusia. Seperti yang dilakukan oleh Verizon Wireless pada akhir bulan lalu yang sedang menambahan dukungan VoLTE ke jaringan Cat M1-nya.

Apa yang dilakukan oleh Sierra Wireless dan U-Blox ini dengan memperoduksi perangkat IoT dengan kemampuan dual-mode yang menggunakan chip modern dan dapat bekerja di jaringan Cat M1 dan NB-IoT memang bukan yang pertama. Qualcomm dan pembuat chip Prancis, Sequans telah lebih dahulu memperkenalkan modem dual-mode. (Icha)

Latest

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini