XL Memperluas Jaringan 4G LTE di Sumatera dan Jateng

Telko.di – Trend akses ke layanan Data digital terus meningkat di hampir semua wilayah layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), termasuk di kota-kota luar Jawa. Karena itu, untuk bisa mendukung produktivitas masyarakat dan khususnya pelanggan, XL Axiata terus memperluas layanan 4G LTE di Sumatera dan Jawa Tengah (Jateng).

Mulai akhir bulan ini, masyarakat di wilayah Lampung, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah, total 37 kota/kabupaten, sudah bisa mengakses layanan internet cepat tersebut untuk mendukung berbagai aktivitas.

“Kami terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai wilayah Tanah Air sesuai dengan permintaan pelanggan. Peresmian di empat kota ini sekaligus menambah wilayah layanan 4G LTE di Sumatera dan Jawa Tengah yang kaya dengan potensi ekonomi. Secara nasional, trend akses ke layanan data digital oleh pelanggan kami memang terus meningkat di hampir semua wilayah layanan XL Axiata, termasuk di area pinggiran kota,” kata Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer XL Axiata.

Yessie menambahkan bahwa “Yang menarik, trafik layanan Data paling dominan adalah akses ke video, sekitar 40%. Karena itu kami harus menyediakan jaringan data yang benar-benar berkualitas sehingga pelanggan merasa nyaman mengakses konten-konten berkapasitas besar”.

Rencana pengembangan jaringan 4G LTE oleh XL Axiata sudah dilakukan di kota-kota yang memiliki potensi secara bisnis serta telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G. Di kota-kota yang baru mendapatkan layanan 4G LTE ini, pelanggan layanan Data digital XL Axiata terus mengalami peningkatan. Karena itu tidak mengherankan, saat ini di kota-kota tersebut, sebagian besar pelanggan telah secara aktif mengakses internet dan Data digital.

Untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya bahkan 88% pelanggan mengakses layanan Data, Padang dan sekitarnya 70%, dan Purwokerto 70%. Sementara itu, dalam 2 tahun terakhir terjadi peningkatan trafik layanan Data masing-masing 109% di Lampung dan 28% di Padang dan sekitarnya.

Pengembangan jaringan dan infrastruktur dilakukan dengan prioritas di semua ibukota provinsi, dilanjutkan dengan pembangunan jaringan infrastruktur 4G di kota dan ibukota tingkat kabupaten. Dengan pengembangan seperti itu, maka maanfaat layanan internet cepat ini akan bisa lebih maksimal didapatkan baik oleh konsumen perorangan, kalangan usaha, industri besar, hingga pemerintahan daerah.

Cakupan layanan di setiap kota meliputi area-area yang menjadi pusat aktivitas warga dan pemerintahan, seperti pusat-pusat bisnis, pemerintahan, serta pendidikan. XL Axiata akan terus memperluas cakupan wilayah layanan ini sehingga kualitas layanan akan terus meningkat hingga ke area pinggiran kota dan bahkan pedesaan.

Untuk 13 kota/kabupaten di wilayah Lampung sebanyak total 200 BTS 4G telah siap untuk menopang layanan Data digital kepada pelanggan. Pelanggan di Kota Bandar Lampung akan lebih dulu mendapatkan akses yang luas. Sementara itu, di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus ditingkatkan area cakupannya.

Kota-kota tersebut adalah Kab. Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Sementara itu di 18 kota/kabupaten Sumatera Barat sudah tersedia total 240 BTS 4G. Kota Padang menjadi kota yang lebih dulu mendapatkan layanan di area yang lebih luas. Sementara di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus diperkuat jaringan layanan 4G.

Kota/kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Dharmas Raya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Agam, Lima Puluh Koto, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh.

Hingga akhir tahun 2017 nanti, di wilayah Sumatera kota-kota selanjutnya yang akan segera mendapatkan layanan 4G LTE antara lain Banda Aceh, Lhokseumawe, Sekayu, Tebing Tinggi, Deli, Pematang Siantar, Pangkalan Brandan, Sibolga, Brastagi, Dumai, Jambi, Lahat, Tanjung Balai Karimun, Lubuk Linggau, Muara Bungo, Muara Enim, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Muntok, Batu Raja, Bengkulu, Curup, Kayu Agung, dan Kota Bumi.

Sementara itu, untuk layanan di Jawa Tengah, akses layanan Data digital di Kota Purwokerto dan sekitarnya juga terus mengalami peningkatan hingga 52% dalam 2 tahun terakhir. Saat ini sebanyak 70 persen dari pelanggan di 5 kota/kabupaten di wilayah Purwokerto dan sekitarnya telah aktif mengakses layanan Data digital.

Selain Kota Purwokerto, pelanggan di 5 kota/kabupaten sekitarnya juga akan mulai bisa mengakses layanan 4G. Kota-kota tersebut adalah Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Kebumen, dan Banjarnegara. Total di wilayah tersebut telah didukung dengan 310 BTS 4G. Tahun ini juga, XL akan menggelar layanan di kota-kota lainnya di Jateng, yaitu antara lain Kendal, Kudus, Purworejo, Purwodadi, Jepara, Pati, Wonogiri, Klaten, Sragen, dan.Wonosobo.

Saat ini, XL Axiata telah melayani pelanggan di 103 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan layanan 4G LTE. Di awal April 2017 lalu, telah diresmikan layanan 4G di dua kota besar Kalimantan Timur, yaitu Samarinda dan Balikpapan. Total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G lebih dari 15 juta. XL Axiata pun terus membangun infrastruktur dan teknologi pendukung untuk internet cepat ini. Sampai akhir tahun 2017 nanti XL Axiata mentargetkan sedikitnya 17 ribu BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten. (Icha)

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

or

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…