Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Snapdragon 835 Fokus Untuk Tingkatkan Kemampuan Foto dan Video

Telko.id – Saat ini, ekspektasi konsumen terhadap foto dan video sudah semakin tinggi. Tak pelak, semua vendor mengusahakan produk nya memenuhi kebutuhan dari keinginan konsumen tersebut. Namun bukan hanya sekedar lensa yang bagus saja. Prosesor dibelakangnya juga harus cukup canggih agar hasil foto dan video pun semakin baik.

Jika menggunakan kamera digital, hasil foto dan video yang diambil bergantung pada jenis dan mutu sensor gambar, lensa kamera, serta keadaan lingkungan sekitar. Terkadang gambar yang diambil mutunya kurang baik akibat kurangnya pencahayaan, zoom yang pecah, ataupun kemampuan autofocus yang lambat.

Salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan ini adalah melalui teknik fotografi komputasional (computational photography), yaitu pemanfaatan algoritma dan teknologi komputasi cerdas yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar, memastikan performa yang cepat, dan menambah kemampuan canggih pengambilan gambar yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Qualcomm menyadari hal itu dan mengakomodirnya dengan mengeluarkan prosesor Snapdragon 835 dilengkapi dengan teknologi yang direkayasa untuk menjadikan kamera pada smartphone menjadi kamera yang cerdas. Hasil foto dan video yang diambil pin menjadi lebih baik.

“Flagship prosesor Snapdragon baru kami ini dirancang untuk memenuhi persyaratan konsumen yang menuntut realitas virtual mobile dan konektivitas di manapun Anda berada. Namun juga mendukung berbagai desain ponsel tipis dan ringan,” kata Cristiano Amon, wakil presiden eksekutif, Qualcomm Technologies, Inc, dan presiden, QCT beberapa waktu lalu.

Cristiano juga menambahkan bahwa “The Snapdragon 835 memiliki tingkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di mana kami mengintegrasikan teknologi yang mendukung kehidupan unggul baterai, dukungan multimedia yang ditingkatkan, dan fotografi yang luar biasa dengan kecepatan kelas gigabit untuk lebih cepat serta pengalaman yang lebih.”

Jika ditelaah lebih jauh, keunggulan dari Snapdragon 835 tidak hanya mengintegrasikan CPU dan GPU pada smartphone, tapi juga dilengkapi banyak teknologi lain. Ada sejumlah peningkatan pada kamera smartphone Anda dengan dukungan Snapdragon 835, yaitu kemampuan zoom yang lebih baik.

Hal ini dibutuhkan untuk menyempurnakan salah satu kelemahan utama kamera smartphone yang kemampuan zoom nya yang tidak efektif. Kondisi tersebut terjadi karena sebagian besar smartphone melakukan zoom secara digital, di mana hasil foto dipotong dan diinterpolasi secara elektronik. Kemampuan ini cukup efektif sampai titik jarak zoom tertentu. Sayang, jika digunakan zoom lebih jauh lagi, maka kualitas hasil foto jadi berkurang bahkan dapat mengakibatkan gambar menjadi pecah akibat rendahnya resolusi dan pewarnaan.

Untuk meningkatkan detail hasil foto dapat dilakukan dengan melakukan proses optical zoom atau proses zoom dengan memanfaatkan kemampuan lensa. Hasilnya akan lebih baik dan beresolusi tinggi walaupun dari jarak jauh. Hal ini lah yang dilakukan oleh prosesor Snapdragon 835.

Snapdragon 835 juga melengkapinya dengan Qualcomm Spectra 180 ISP (Image Signal Processor). Fungsinya untuk mendukung pengambilan gambar dengan resolusi hingga 32MP dengan kecepatan 30 fps (frame per second) tanpa adanya kelambatan dalam penangkapan obyek foto.

Pada smartphone dengan kamera ganda (dual camera), dibutuhkan 2 ISP, Snapdragon 835 memanfaatkan satu ISP untuk lensa wide angle dan satu ISP lagi untuk mendukung lensa telephoto. Kemampuan komputasi heterogen (heterogeneous computing) pada platform inilah yang mampu menjembatani penggunaan berbagai lensa yang berbeda untuk melakukan digital dan optical zoom secara cepat dan mulus – tentunya hal ini akan menghasilkan hasil foto yang lebih baik ketimbang jika hanya menggunakan digital zoom saja.

Untuk video, Snapdragon 835 sudah dilengkapi dengan EIS versi 3.0. Fungsinya meningkatkan secara signifikan kualitas video bahkan mendukung pengambilan video dengan resolusi 4K. Selain itu juga mampu meredam gerakan dan guncangan dengan melakukan koreksi gyroscope pada smartphone.

EIS 3.0 juga memperkenalkan algoritma smooth trajectory yang juga bisa membantu stabilisasi pengambilan video. Algoritma ini dirancang untuk memaksimalkan komputasi heterogen di antara komponen-komponen yang terintegrasi di Snapdragon 835 (contohnya Spectra 180 ISP, Qualcomm Adreno 540, dan Hexagon DSP).

Snapdragon 835 ini juga mengembangkan autofocus yang cepat dan akurat. Tujuannya adalah membuat autofocus yang sangat efektif dan membantu Anda mengambil gambar dengan baik, bahkan pada saat momen foto bergerak sangat cepat. Hasilnya adalah menambahkan teknologi Dual Photodiode (2PD) yang canggih. Sebuah mekanisme autofocus yang dirancang untuk melengkapi sepasang photodiode pada setiap piksel. Padahal, sebagian besar kamera di smartphone hanya menggunakan autofocus photodiode.

Sedangkan Qualcomm Technologies sudah bisa membantu penangkapan setiap detil di setiap piksel, ketimbang hanya pada sebagian saja. Hal ini berarti bahwa setiap piksel sekarang mampu melakukan phase detection dan pengambilan gambar secara bersamaan, membuat autofocus bekerja dengan sangat cepat dan efektif.

Untuk memunculkan warna yang seindah aslinya, Snapdragon memiliki Qualcomm Clear Sight – dua kamera dengan dengan dua sensor gambar (satu berwarna dan satu hitam putih). Filter warna tidak digunakan pada sensor hitam putih saja sehingga dapat merekam spektrum cahaya RGB yang maksimal, ketimbang hanya satu warna spesifik saja. Ketika gambar hitam putih sudah digabungkan dengan gambar berwarna, hasilnya adalah gambar yang sangat baik, bahkan jika diambil pada pencahayaan yang redup sekalipun. Bahkan untuk video juga akan menyajikan gambar seperti aslinya.

Selain itu, prosesor ini juga dilengkapi HDR 4K dengan EIS, HDR10 playback, dan, khususnya, Perceptual Quantization. Perceptual Quantization artinya bahwa kualitas akhir sebuah video dapat ditingkatkan melalui proses encoding cerdas yang berdasar pada analisa setiap scene yang diambil.

Jumlah bit yang lebih banyak dialokasikan ke area yang memiliki penerimaan visual yang lebih tinggi, misalnya area-area datar seperti langit, dan bit yang lebih sedikit dialokasikan ke area yang memiliki penerimaan visual yang rendah, misalnya objek yang bergerak cepat dan area bertekstur, seperti pohon.

Itu sebabnya, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 835 merupakan langkah besar dalam evolusi kamera smartphone, dengan teknologi yang canggih yang berfokus pada satu hal yakni memudahkan para pengguna untuk mengambil gambar seindah aslinya. (Icha)

 

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 5 Hal Yang Harus Diketahui

Telko.id - Jelang lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik. Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak...

Sony Hadirkan Tiga Mikrofon Nirkabel Berkualitas Suara Luar Biasa

Telko.id - Sony memperkenalkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1. Mikrofon mutakhir ini menggabungkan pengambilan suara berkualitas tinggi dengan desain...

Sharp Greenerator, Ajak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Telko.id - Sharp Greenerator komunitas anak muda binaan Sharp Indonesia kembali lakukan kebaikan di bulan Ramadan melalui kegiatan Charity yang dilaksanakan di panti asuhan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini