Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Pasar Cloud Dunia Pada 2016 Mencapai US$ 148 Miliar

Telko.id – Pendapatan dari operator dan vendor Cloud, termasuk Amazon Web Services, Microsoft, IBM, Rackspace dan Salesforce, dalam enam layanan cloud kunci dan segmen pasar infrastruktur telah tumbuh sebesar 25% pada tahun 2016. Nilainya mencapai US$ 148 Miliar. Hal ini disampaikan oleh perusahaan analis berdasarkan Synergy Research Group, seperti dilansir dari Computerworld.

Keenam segmen pasar cloud kunci tersebut adalah infrastructure-as-a-service (IaaS), platform-as-a-service (PaaS), hosted private cloud, enterprise software-as-a-service (SaaS), unified communications-as-a-service (UCaaS), public cloud dan private cloud.

Menurut data penelitian baru dari Synergy Research, segmen IaaS & PaaS mengalami pertumbuhan tertinggi yakni sebesar 53%. Hal ini diikuti oleh layanan infrastruktur private cloud host di 35%, dan setelah itu, perusahaan software-as-a-service di 34%.

Pada tahun 2016, pengeluaran untuk layanan awan telah menyusul belanja hardware infrastruktur cloud dan perangkat lunak, mencatat Synergy Research Group. Secara agregat, pasar layanan cloud sekarang tumbuh tiga kali lebih cepat dari perangkat keras infrastruktur awan dan perangkat lunak pasar.

Walau demikian, pasar cloud ini masih menemui hambatan. “Hambatan utama dalam adopsi cloud adalah persepsi yang ada saat ini adalah berdasarkan pengalaman masa lalu. Terutama tentang public cloud,” sekarang hampir sesuatu dari masa lalu, terutama di sisi awan publik ” ujar Jeremy Duke, pendiri dan kepala analis, Synergy Research Group menjelaskan.

Pemimpin Pasar Cloud Pada Tahun 2016

Perusahaan-perusahaan yang tampil menonjol berdasarkan catatan Synergy Research Group di tahun 2016 ini adalah Amazon Web Services, Microsoft, HPE, Cisco, IBM, Salesforce dan Dell EMC.

Selama periode Q4 2015 untuk Q3 2016, total belanja pada perangkat keras dan perangkat lunak untuk membangun infrastruktur cloud melebihi US $ 65 miliar. Yang mendominasi adalah pembelanjaan untuk private cloud. Hampir menyumbangkan setengah dari total pembelanjaan cloud tersebut jauh diatas public cloud. Namun, public cloud dari pertumbuhannya jauh lebih cepat.

Investasi dalam infrastruktur oleh penyedia layanan cloud membantu para vendor Cloud untuk memperoleh pendapatan hampir US$ 30 miliar dari jasa infrastruktur cloud (IaaS, PaaS, host layanan cloud pribadi) dan lebih dari US$ 40 miliar dari SaaS perusahaan. Selain itu untuk mendukung layanan internet seperti pencarian, jejaring sosial, email dan e-commerce.

Di sisi lain, UcaaS yang memiliki pasar yang berbeda ternyata juga terus berkembang dan mengendalikan beberapa perubahan radikal dalam komunikasi bisnis.

“Kami mencatat bahwa pada 2015, cloud masih menjadi mainstream dan saya akan mengatakan bahwa 2016 adalah tahunnya yang cloud. Di mana, cloud mulai mendominasi banyak segmen pasar TI,” kata Jeremy Duke, Pendiri dan Kepala Riset Synergy Research Group menjelaskan. \

Jeremy menambahkan bahwa “Pasar cloud masih memilikik hambatan utama. Yakni untuk adopsi cloud sekarang hampir sesuatu dari masa lalu, terutama pada sisi awan publik. Teknologi Cloud sekarang menghasilkan pendapatan besar bagi vendor teknologi dan penyedia layanan cloud dan belum ada masih banyak tahun pertumbuhan yang kuat ke depan”. (Icha)

Latest

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Rekomendasi

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 5 Hal Yang Harus Diketahui

Telko.id - Jelang lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik. Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak...

Sony Hadirkan Tiga Mikrofon Nirkabel Berkualitas Suara Luar Biasa

Telko.id - Sony memperkenalkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1. Mikrofon mutakhir ini menggabungkan pengambilan suara berkualitas tinggi dengan desain...

Sharp Greenerator, Ajak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Telko.id - Sharp Greenerator komunitas anak muda binaan Sharp Indonesia kembali lakukan kebaikan di bulan Ramadan melalui kegiatan Charity yang dilaksanakan di panti asuhan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini