Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Korea Telecom Berhasil Test Panggilan Dijaringan 5G

Telko.id – Peneliti dari Korea Telecom dan Samsung Electronics mendemonstrasikan panggilan pertama dijaringan 5G yang menggunakan komunikasi via Jalur data. Dengan menggunakan handset khusus komunikasi tersebut dilakukan di laboratorium Samsung Electronics di Suwon pada 25 Oktober, seperti yang dilansir dari Business Korea.

Dengan keberhasilan tersebut, KT dan Samsung Electronics mengklaim sebagai uji coba 5G yang pertama di dunia dalam melakukan telekomunikasi data.
Kedua perusahaan mengumumkan pada 26 Oktober bahwa mereka melakukan tes dan berhasil bertukar data dengan server telekomunikasi dengan membuat panggilan dengan handset 5G di laboratorium Samsung Electronics di Suwon, Gyeonggi-do pada 25 Oktober.

Ini menandai pertama kalinya bahwa dalam uji coba ini dilakukan melalui proses yang reguler secara keseluruhan dari awal sampai akhir. Meskipun, beberapa kali sudah melakukan uji coba telekomunikasi 5G, tetapi belum pernah selengkap yang sekarang.

Tes ini menggunakan jaringan 5G yang khusus dibangun dalam laboratorium. Sebuah rancangan standar yang digunakan dalam tes ini “KT 5G-SIG” yang dikembangkan oleh produsen peralatan kelas dunia telekomunikasi seperti Samsung Electronics. KT 5G-SIG kemungkinan besar akan dipilih sebagai standar dunia antara beberapa draft standar 5G yang juga diusulkan oleh industri elektronik dan telekomunikasi lain.

Rancangan standar ini, dikembangkan dari November tahun lalu hingga Juni tahun tersebut, diklaim sudah memenuhi persyaratan utama untuk 5G yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU).

Langkah selanjutya, setelah industri elektronik dan telekomunikasi Korea berhasil melakukan panggilan pertama tersebut adalah meningkatkan akurasi teknologi dengan melakukan upgrade yang cukup besar.

“Kami akan mengejar kecanggihan teknologi seperti scaling up output dari peralatan jaringan untuk memperkuat 5G Data telekomunikasi dalam keadaan apapun,” kata seorang perwakilan Samsung.

Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi saat ini untuk komersialisasi 5G. Termasuk juga untuk mengembangkan chip modem, smartphone dan peralatan untuk BTS agar sesuai dengan standar ini.

KT berencana untuk terus menguji 5G interoperabilitas dengan beberapa vendor lain sampai 2016. Setelah itu mulai bangun jaringan untuk uji coba termasuk untuk verifikasi secara mendalam pada tahun 2017.

KT mengatakan bahwa berdasarkan keberhasilan ini maka pihaknya akan mulai bekerja untuk memberikan layanan 5G di Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang.

Sebagai informasi, saat ini, Qualcomm dari AS tak tertandingi dalam pengembangan chip modem 5G. Perusahaan ini menyebutkan bahwa prototipe yang dimiliki dapat memproses data dengan kecepatan 5GB per detik dan akan dirilis pada paruh kedua 2017.

Huawei dikabarkan juga melakukan investasi besar-besaran untuk memproduksi peralatan telekomunikasi 5G setelah 4.5G.

Investasi Korea untuk 5G ini memang luar biasa. Jauh meninggalkan Amerika dan Cina.

Samsung Electronics pun memiliki masa depan yang cerah dalam teknologi. Terlebih, perusahaan asal Korea ini juga mengambil bagian dalam Advanced Wireless Research Initiative (AWRI) di Gedung Putih sebagai anggota Direksi. (Icha)

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Nokia dan Vivo Sepakati Perjanjian Lintas Lisensi Paten 5G

Telko.id - Nokia hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian paten lintas lisensi multi-tahun dengan vivo. Berdasarkan perjanjian tersebut, vivo akan melakukan pembayaran royalti kepada...

Telkomsel Bersama ITB Hadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. Kolaborasi Telkomsel...

FIFA U-17, Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G dan Paket Data Nonton Bola

Telko.id - Sebagai Official Tournament Supporter dalam gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, Telkomsel hadirkan jaringan 5G dan mengelurakan paket data Nonton Bola. Selain...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini